Koni Solsel Layangkan Surat Protes ke Panitia Porprov XV, Ini Pemicunya

Senin, 03 Desember 2018, 20:46 WIB | Sport | Kab. Solok Selatan
Koni Solsel Layangkan Surat Protes ke Panitia Porprov XV, Ini Pemicunya
Ketua Umum Koni Solok Selatan, Mario Syahjohan.

VALORAnews - Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Solok Selatan (Solsel) layangkan surat keberatan pada panitia Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Sumbar. Koni Solsel keberatan dikarenakan adanya dua orang atlet cabang olahraga (cabor) Persatuan Tinju Indonesia (Pertina) yang terdaftar sebagai atlet Solsel justru membela kabupaten lain.

Kemudian, surat keberatan juga dilayangkan Koni Solsel terkait pemakaian atlet luar Sumbar pada cabor Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi).

"Kami merasa dirugikan dengan kejadian ini. Karena atlet yang sudah jelas terdaftar di sistem pendataan kegiatan keolahragaan secara online (Sidragon) malah membela kabupaten lain. Begitu juga pada cabor sepatu roda yang memakai atlet luar Sumbar," kata Ketua Umum Koni Solsel, Mario Syahjohan pada awak media.

Malahan, imbuhnya pada cabor cricket terjadi bagi bagi medali emas oleh pengprov PCI dan juga cabor gulat ada atlet yang tidak terdaftar pada Sidragon mendapatkan medali.

Baca juga: 42 Cabor akan Dipertandingkan di Porprov XVI

"Begitu juga cabor Senam. Ada atlet Solsel yang tidak diperbolehkan ikut dengan dalih telat mendaftar pada Sidragon. Ini sangat merugikan kepada kabupaten/kota yang benar-benar melakukan pembinaan olahraga prestasi. Hendaknya, sportifitas meski dimulai dari panitia dan tuan rumah. Jangan sampai ambisi menjadi juara mengacaukan sistem yang telah ada," tuturnya.

Solsel pada Porprov Sumbar XV berada di peringkat 12 dari 19 kabupaten/kota. Dengan perolehan 78 medali. Untuk medali emas 21, perak 26 dan 31 perak. Mengalami penurunan 1 peringkat dibandingkan Porprov Sumbar 2016 di peringkat 11.

"Banyak faktor yang mempengaruhi penurunan raihan medali. Namun, secara prestasi atlet asli putra daerah mengalami peningkatan signifikan dengan program 'Solok Selatan Emas'. Seperti, cabor Panahan, Wushu, Sepatu Roda, Muaythai, atletik dan beberapa cabor lainnya merupakan peraih medali emas," ucapnya. (rls)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: