Dinas Kominfo Padang Pelajari Tatakelola PPID Kota Bandung

Kamis, 14 Maret 2019, 15:34 WIB | News | Kota Padang
Dinas Kominfo Padang Pelajari Tatakelola PPID Kota Bandung
Sekretaris Dinas Kominfo Padang, Tarmizi Ismail menyimak paparan Kepala Bidang Diseminasi Informasi Diskominfo Kota Bandung, Ely Harliani saat berdialog di ruang media center, Kamis (14/3/2019). (humas)

VALORAnews - Dinas Kominfo Padang pelajari tatakelola Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Pemko Padang. Diketahui, Kota Bandung ini telah lebih dulu jadi smart city di Indonesia. Rombongan Pemko Padang ini dipimpin Sekretaris Dinas Kominfo, Tarmizi Ismail.

"Kita mengetahui, Kota Bandung lebih dulu maju dalam hal smart city yang garda terdapannya adalah Dinas Kominfo," ungkap Tarmizi didampingi Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi, Statistik dan Persandian (KSP) Dinas Kominfo, Swesti Fanloni saat berdialog dengan Dinas Kominfo Kota Bandung, Kamis (14/3/2019).

Menurut Tarmizi, dalam studi banding ini, pihaknya juga ingin melihat pengimplementasian PPID yang mulai jadi kewenangan Dinas Kominfo Padang terhitung sejak 2019.

"Kita ingin melihat perbandingan dengan proses pelaksanaan PPID yang dilakukan oleh daerah-daerah lain meski peraturannya sama. Kita akan menimba ilmu dan mendapat masukan lebih banyak lagi baik terkait segi anggaran, perencanaan dan sampai pelaksanaan kegiatan," tuturnya.

Baca juga: Penilaian Anugerah KIP Tahun 2023, Ini Catatan KI Sumbar untuk PPID Agam

"Alhamdulillah, apa yang telah dilakukan Dinas Kominfo Bandung akan jadi patokan bagi kita untuk memperbaiki atau membangun kembali bagaimana pengelolaan PPID yang baik untuk Kota Padang ke depan," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung diwakili Kepala Bidang Diseminasi Informasi, Ely Harliani membeberkan beberapa langkah Dinas Kominfo Padang dalam pelaksanaan PPID. Dari segi pengelolaannya, terang dia, Dinas Kominfo Bandung sudah memiliki PPID Utama yang betul-betul tidak hanya di atas kertas.

"Artinya, tidak sebatas dalam SK Wali Kota, Sekda atau pimpinan. Tetapi betul-betul terimplementasi dari komitmen pimpinan untuk menjalankan fungsi dari PPID itu sendiri," terang Ely dalam dialog yang digelar di ruangan media center.

Dikatakan, PPID juga sudah berkolaborasi, sehingga kegiatan-kegiatan di semua OPD sudah terfasilitasi dengan adanya PPID Pembantu di setiap OPD. (rls/vry)

Baca juga: KI Sumbar Minta Setiap PPID Pasang Target Nol Sengketa Informasi

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: