Laporan Dugaan Politik Uang Banyak, Syamsurizal: Bukti Foto atau Rekaman Minim

Senin, 15 April 2019, 18:26 WIB | Wisata | Kab. Dharmasraya
Laporan Dugaan Politik Uang Banyak, Syamsurizal: Bukti Foto atau Rekaman Minim
Ketua Bawaslu Dharmasraya, Syamsurizal memimpin rapat persiapan Patroli Anti Politik Uang, Senin (15/4/2019). (vebi rikyanto/valoranews)

VALORAnews - Ketua Badan Pengawas Pemilu Dharmasraya, Syamsurizal mengatakan, pihaknya belum menemukan bukti adanya indikasi politik uang hingga dua hari jelang pencoblosan. Walaupun begitu, laporan yang masuk ke Bawaslu terkait adanya praktek-praktek pelanggaran Pemilu, sebenarnya cukup banyak. Tetapi tidak disertai bukti-bukti yang cukup.

"Kita banyak menerima laporan seperti pembagian sembako maupun uang dari para caleg, tetapi ketika ditelusuri di lapangan, kita tidak menemukan bukti terkait hal tersebut," terang Syamsurizal ketika memimpin rapat menjelang patroli anti politik uang dikantor Bawaslu Dharmasraya, Senin (15/4/2019).

Syamsurizal menambahkan, tanpa adanya bukti seperti foto atau rekaman video, akan sulit untuk menindak lanjuti laporan tersebut.

Dia menghimbau kepada seluruh kontestan pemilu, agar tidak lagi menggunakan cara-cara yang melanggar tersebut.

Baca juga: Bawaslu Pariaman Bentuk 5 Tim Bersihkan APK, Stiker Caleg di Mobil Diincar

"Bertarunglah secara bermartabat. Politik uang dapat merusak merusak moral bangsa. Begitupun dengan masyarakat, agar tidak mudah terpengaruh dengan rayuan uang maupun janji-janji," harapnya.

Untuk pengawasan sendiri, terangnya, Bawaslu sudah belerja semaksimal mungkin dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, melakukan pengawasan bahkan melakukan patroli siang dan malam dalam mencegah politik uang.

Pembersihan APK

Dikatakan, Bawaslu beserja jajaran, fokus pada kegiatan pembersihan alat peraga kampanye (APK) peserta pemilu. Dijadwalkan, prosesnya berlangsung hingga malam dengan dibantu personel Satpol PP.

Baca juga: Bawaslu Sumbar: Politik Uang dan Upaya Menjanjikan Dominasi 25 Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

"Kita fokus ke jalan-jalan utama dulu, sedangkan untuk perumahan maupun daerah lainnya kita dibantu oleh Panwascam," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: