Mahyeldi Sebut Keberadaan Telukbayur Penting Bagi Padang

Senin, 20 Mei 2019, 17:22 WIB | News | Kota Padang
Mahyeldi Sebut Keberadaan Telukbayur Penting Bagi Padang
Wako Padang, Mahyeldi foto bersama dengan penerima manfaat bina lingkungan PT Pelindo II Cabang Telukbayur pada kegiatan buka bersama, Senin (20/5/2019). (humas)

VALORAnews - Wali Kota Padang, Mahyeldi menyampaikan apresiasi atas sinergi yang terjalin sangat baik antara Pemko Padang dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) Cabang Teluk Bayur sejauh ini.

Diantaranya sinergi dalam rangka mendukung Pemko dalam membangun 'sister city' dengan kota-kota di negara Indian Ocean.

"Kota Padang sekarang tengah berupaya membangun sinergi dengan negara-negara dan kota-kota yang ada di Indian Ocean. Seperti bersama Fremantle (Australia), Chennai (India), Jeddah (Arab Saudi) kemudian beberapa negara-negara lainnya," terang Mahyeldi dalam sambutannya sewaktu menghadiri kegiatan berbuka puasa bersama dengan keluarga besar PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) Cabang Teluk Bayur di kantor Pelindo II Teluk Bayur, Senin (20/5/2019).

Sinergi itu, kata Mahyeldi, berupa 'sister city' yang dibangun dengan kota-kota yang ada di negara India Ocean, kemudian dilengkapi juga dengan 'sister port' nantinya.

Baca juga: Komandan Lantamal II Temui Ketua DPRD Sumbar, Ini yang Dibicarakan

"Karena bagi kami Teluk Bayur adalah bagian yang akan kami andalkan dalam rangka untuk menguatkan dan meningkatkan peran Kota Padang untuk upaya ini. Begitu juga termasuk mengkoordinasikan Padang dengan kabupaten/kota di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Ada 71 jumlah kabupaten/kota yang tergabung di dalam Indonesia India Ocean Local Governtmen Forum (IIOLGF)," tukasnya.

Dengan demikian, tambah dia, upaya tersebut disinyalir akan menjadi bahagian dalam pemanfaatan potensi laut dan Indian Ocean.

"Itu makanya, sejak menggelar India Ocean Rim Assosiations (IORA) di 2015 silam, kita langsung bertekad menjadikan Padang sebagai kota terdepan di Indonesia untuk IORA. Kenapa ini kita lakukan, karena kita di sini memiliki potensi dengan memiliki pelabuhan Teluk Bayur sebagai pelabuhan tertua dan terbesar di Indonesia," tambahnya.

Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih kepada Pelindo II atas upaya pembangunan pusat informasi maritim yang sedang digarap Pelindo II.

Baca juga: Lantamal II Telukbayur Gelar Pengibaran Bendera di Dasar Laut, Titik ke-50 dari 77 Lokasi

"Alhamdulillah, saya mendapat informasi bahwa sekarang sedang proses pengerjaan. Semoga ini nantinya akan melengkapi dan menyempurnakan Padang sebagai kota wisata yang memiliki edukasi."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: