Gubernur Sumbar Resmikan Pompa Irigasi Tenaga Surya di Sawahlunto

Senin, 08 Juli 2019, 19:19 WIB | News | Kota Sawahlunto
Gubernur Sumbar Resmikan Pompa Irigasi Tenaga Surya di Sawahlunto
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memberikan sambutan pada peresmian dua proyek pompa irigasi tenaga surya di Kota Sawahlunto, Senin (8/7/2019). (humas)

VALORAnews - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengungkapkan, bekas tambang Batu Bara Ombilin di Kota Sawahlunto, resmi masuk ke dalam daftar warisan budaya dunia The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dengan nama Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

"Ini membutuhkan perjuangan luar biasa sejak 2015. Dengan perjuangan panjang, akhirnya membuahkan hasil. Alhamdulillah , tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto masuk dalam UNESCO," ungkap Irwan saat meresmikan dua proyek pompa irigasi tenaga surya di Kota Sawahlunto, Senin (8/7/2019).

"Banyak hal yang harus kita persiapan. Mulai dari proses pengumpulan data, penyusunan dokumen secara intensif, bahkan melibatkan para tokoh dan pakar baik dari dalam dan luar negeri seperti Malaysia dan Singapura," tambah Irwan.

Di dalam persidangan ICOMOS (International Council on Monuments and Sites) di Azerbaijan, akhirnya tambang Ombilin memperoleh pengakuan sebagai warisan dunia world heritage oleh UNESCO dengan memasukan usulan untuk menambah wilayah enam kabupaten/kota di Sumbar yang meliputi Padang, Padangpanjang, Kota Solok, Kabupaten Solok, Padangpariaman dan Tanahdatar.

Baca juga: Tarhib Ramadhan Bersama Forum Silaturahim Majelis Taklim, Nevi: Jaga Keikhlasan Siang dan Malam

"Wilayah tersebut masuk dalam wilayah Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang akhirnya ditetapkan sebagai warisan budaya dunia," ungkap Irwan.

"Mari kita jaga warisan budaya dunia ini, karena nantinya akan menjadi destinasi wisata dunia di Sumatera Barat, apalagi dampaknya tentu sangat besar dengan banyaknya para wisatawan yang akan berkunjung ke Sawahlunto nantinya," tambah Irwan.

Selain itu, Irwan juga mengucapkan terima kasih ke manajemen PT Bukit Asam (PTBA) yang telah banyak membantu dan berjuang mulai dari awal dalam pembentukan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto hingga akhirnya bisa jadi warisan budaya dunia.

Pompa Tenaga Surya

Baca juga: Gubernur Sumbar Sampaikan Terimakasih untuk Irdinansyah Tarmizi: Zuldafri Darma Dilantik jadi Bupati Tanahdatar

Proyek pompa irigasi tenaga surya ini berlokasi di Desa Talawi Hilir, Kecamatan Talawi. Kemudian, dibangun di jembatan Lakuak Code, Desa Lintau Buo, Kabupaten Tanahdatar. Peresmian ini dihadiri Dirut PT Bukit Asam Tbk, Arviyan Arifin, Wakil Wali Kota Sawahlunto, H Zohirin Sayuti, Forkopimda dan beberapa karyawan PT BA serta unsur OPD Sawahlunto.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: