1000 Relawan untuk Antisipasi Virus Corona Digagas, Mahyeldi: Semua Bencana Atas Izin Allah

Minggu, 15 Maret 2020, 19:24 WIB | Wisata | Kota Padang
1000 Relawan untuk Antisipasi Virus Corona Digagas, Mahyeldi: Semua Bencana Atas Izin...
Wako Padang, Mahyeldi memberikan arahan pada rapat koordinasi pencegahan penyebaran Virus Corona di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Ahad (15/3/2020). (humas)

VALORAnews - Wali Kota Padang, Mahyeldi mengungkapkan tiga langkah utama sebagai upaya pencegahan Virus Corona di ibu kota provinsi Sumbar itu.

Pertama, Pemerintah Kota Padang akan membentuk Satgas Mitigasi atau relawan pencegah penyebaran Virus Corona. Relawan ini akan turun kelapangan menyuarakan upaya-upaya pencegahan Virus Corona kepada masyarakat.

"Kita akan membentuk relawan sebanyak 1.000 orang lebih untuk membersikan setiap sudut di Kota Padang, rumah ibadah, sekolah-sekolah dan fasilitas umum yang melayani masyarakat dan mengaktifkan kelompok relawan, Tagana, KSB, Pramuka, dan lainnya," jelasnya.

Kedua, kata Mahyeldi, Pemerintah Kota Padang akan terus memberikan informasi setiap hari terkait perkembangan Virus Corona, di Commend Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang pada pukul 15.00 Wib, yang nantinya akan dishare melalui Website Pemko Padang, media online, cetak dan elektronik.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

"Di sini kami menegaskan kepada seluruh masyarakat, seluruh informasi atau pemberitaan terkait Virus Corona harus bersumber dari Dinas Kesehatan Kota Padang. Kita ingin menghadirkan informasi satu pintu sehingga masyarakat tidak dibingungkan," tegasnya.

Ketiga, Pemerintah Kota Padang terus memantau masyarakat yang berpergian keluar negeri terutama dari negara-negara yang terjangkit Virus Corona. Pemerintah Kota Padang akan terus mencatat siapa saja yang datang dari luar negeri melalui dinas kesehatan, camat dan lurah-lurah di Kota Padang.

Saat itu, Mahyeldi memimpin rapat koordinasi pencegahan penyebaran Virus Corona didampingi Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa. Rapat tersebut dilangsungkan di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Ahad (15/3/2020).

Turut hadir, Sekteraris Daerah Kota Padang Amasrul, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Edi Hasymi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Hermen Peri dan Pimpinan OPD dilingkup Pemko Padang.

Baca juga: 67 Pengusaha Randang Berhimpun di Hipermi, Gubernur: Tembus Pasar Nasional hingga Internasional

Rapat tersebut digelar menyikapi telah ditetapkan Covid-19 atau penyakit yang disebabkan karena Virus Corona sebagai pandemi global. Dimana Indonesia sendiri menetapkan penyakit itu sebagai bencana non-alam.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: