Ini Langkah Pemkab Solsel Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Rabu, 18 Maret 2020, 16:32 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Ini Langkah Pemkab Solsel Antisipasi Penyebaran Virus Corona
Sekdakab Solok Selatan Yulian Efi usai rapat koordinasi (Rakor) Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19), di aula Tansi Ampek, Rabu (18/3/2020). (humas)

VALORAnews -- Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Solok Selatan akan di SK-kan oleh Plt Bupati Solsel. Kemudian, OPD terkait juga diinstruksikan, untuk segera membuat edaran dan sosialisasi hingga ke sekolah-sekolah.

"Semua ini harus dilakukan secara massif dan sesegera mungkin," ungkap Sekdakab Solok Selatan Yulian Efi usai rapat koordinasi (Rakor) Antisipasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19), di aula Tansi Ampek, Rabu (18/3/2020).

Rapat yang difasilitasi BPBD Solsel ini, juga dihadiri unsur Forkopimda dan OPD terkait. Ikut hadir Kepala BPBD Solsel, Richi Amran.

Dalam rangka keselarasan informasi terkait wabah ini, ungkap Yulian Efi, rapat memutuskan agar corong informasi disatukan melalui Kadis Kesehatan dengan tim yang ditunjuknya nanti.

Baca juga: Pansus LKPj Kepala Daerah DPRD Solsel Kunjungan ke DPRD Provinsi, Ini Kata Sekwan

Kemudian, kegiatan-kegiatan yang bersifat di luar ruangan dan pengumpulan massa, ditiadakan terlebih dulu. Kemudian perlu juga peningkatan pengawasan terhadap mobilitas masyarakat yang bepergian dari luar negeri.

"Kita juga instruksikan pada camat, untuk menyampaikan kepada pihak kenagarian untuk melaporkan setiap kedatangan warganya dari luar negeri atau dari daerah yang terpapar virus ini agar dapat dilakukan pengawasan kesehatan nantinya," tambahnya

Warga juga diminta peran serta aktifnya untuk melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat, jika menemui masyarakat yang mengalami gejala seperti demam tinggi yang disertai sesak nafas, batuk dan juga influenza.

Dia menambahkan, hasil rapat serupa di provinsi kemarin, Sumbar termasuk Solok Selatan secara umum masih dalam keadaan aman. Belum ada yang terkonfirmasi positif terjangkit wabah Covid19. Namun perlu ditingkatkan kewaspadaan dan antisipasi penanganan penyebaran wabah yang telah melanda berbagai negara ini.

Baca juga: Gubernur Sumbar Penuhi Undangan Silaturahmi Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, Ini yang Dibicarakan

Menurutnya, untuk sementara waktu aktifitas belajar mengajar tetap seperti biasa. Namun kebijakan tersebut akan tetap dievaluasi, dan bisa berubah nantinya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: