Nurnas Minta Anggota Imapar Tidak Ikut Politik Praktis

Jumat, 20 Maret 2020, 18:32 WIB | Kabar Daerah | Kab. Padang Pariaman
Nurnas Minta Anggota Imapar Tidak Ikut Politik Praktis
Anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan Sumbar II (Padangpariaman dan Pariaman), HM Nurnas. (istimewa)

VALORAnews - Anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan Sumbar II (Padangpariaman dan Pariaman), HM Nurnas meminta, anggota Ikatan Mahasiswa Piaman Raya (Imapar) harus antusias bergerak dibidang sosial sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kehidupan. Selain itu, juga aktif melakukan kontrol sosial kemasyarakatan dalam membangun kampung halaman.

"Saya mengajak kader Imapar, tidak ikut dalam praktek politik praktis, namun lebih pada kontrol sosial kemasyarakatan," kata Nurnas saat jadi pemateri pada Masa Orientasi Anggota (Maota) Imapar, Jumat (21/3/2020).

Menurutnya, anggota Imapar merupakan kaum intelektual yang berada dalam lingkungan kampus. Sehingganya, harus mampu melakukan kegiatan-kegiatan positif dan berperan mengajak masyarakat dalam memberantas berbagai permasalahan seperti LGBT, Narkoba, kriminal, perjudian dan hal negatif lainnya.

"Kegiatan seperti itulah yang sebenarnya akan membawa perubahan dan kemajuan bagi daerah dan kampung halaman," katanya.

Baca juga: Pansus III DPRD Sumatera Selatan Bertandang ke DPRD Sumbar, Ini Informasi yang Digali

Membawakan materi berjudul Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial, Nurnas mengatakan, salah satu tanggung jawab kader Imapar yaitu menghidupkan kembali surau-surau serta menjaga keutuhan adat dan kebudayaan Piaman.

"Ketika pulang kampung, alangkah lebih baik dilakukan wirid baik itu untuk remaja maupun untuk masyarakat. Di situlah nampak, bahwasannya Imapar itu pionir dalam pembangunan sumber daya manusia," katanya

Selain itu, dia menyampaikan, sebagai orang rantau, mahasiswa pariaman harus mencerminkan bahwa kaum muda piaman itu identik dengan kepandaiannya dalam bergaul, kecerdasan dalam berfikir serta peduli dengan lingkungan sekitar dan ikut ambil bagian dalam kegiatan positif bersama warga sekitar.

"Jika ada warga sekitar yang melakukan hal-hal negatif, ajaklah untuk tidak melakukannya. Apabila ada kegiatan positif maka ikutilah. Jika masyarakat goro, ikutlah membantu supaya keberadaan Imapar dirasakan berguna bagi lingkungan sekitar," tuturnya.

Baca juga: Final Open Turnamen KT Katapiang, Nurnas: Dukung Kegiatan Positif Generasi Muda

Dia berharap, mahasiswa piaman yang tergabung dalam Imapar di berbagai kampus di Padang maupun yang merantau, bersatu membangun dan menjaga kampung halaman. (rls)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: