Carateker PCNU Pasaman Lantik Tiga Pengurus MWCNU

Minggu, 09 Agustus 2020, 16:23 WIB | Wisata | Kab. Pasaman
Carateker PCNU Pasaman Lantik Tiga Pengurus MWCNU
Sekretaris Caretaker PCNU Kabupaten Pasaman, Armaidi Tanjung melantik pengurus tiga MWCNU di Kabupaten Pasaman, Sabtu (8/8/2020) di Pondok Pesantren Darul Nahdhah, Kampung Baru Tapus, Kecamatan Padang Gelugur, Pasaman. (istimewa)

VALORAnews - Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) diminta jadi penyejuk umat dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat. Jangan sampai pengurus NU jadi provokator di tengah warga, sehingga menimbulkan kegaduhan dan keresahan.

Demikian dikatakan Sekretaris Caretaker PCNU Kabupaten Pasaman, Armaidi Tanjung saat melantik pengurus tiga MWCNU di Kabupaten Pasaman, Sabtu (8/8/2020) di Pondok Pesantren Darul Nahdhah, Kampung Baru Tapus, Kecamatan Padang Gelugur, Pasaman.

Dikatakan Armaidi Tanjung, pengurus MWCNU yang baru saja dilantik, sangat diharapkan memahami kembali konsep dari pemahaman Ahlussunnah Waljamaah yang dijalankan NU. Yakni selalu bersikap tawasuth, tasamuh, tawazun dan amar ma'ruf nahi munkar.

"Tawasuth atau moderat merupakan sebuah sikap keberagamaan yang tidak terjebak terhadap hal-hal yang sifatnya ekstrim," kata Armaidi.

Baca juga: Momentum Imlek 2574, Buku Tragedi Kanso, Trauma Etnisitas Cina di Pariaman 1945 Diluncurkan

Sedangkan tasamuh adalah sebuah sikap keberagamaan dan kemasyarakatan yang menerima kehidupan sebagai sesuatu yang beragam. Tawazun atau seimbang adalah sebuah keseimbangan sikap keberagamaan dan kemasyarakatan yang bersedia memperhitungkan berbagai sudut pandang dan kemudian mengambil posisi yang seimbang dan proporsional. Kemudian, amar ma'ruf nahi munkar, mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Pengurus MWCNU yang dilantik masing-masing Kecamatan Padang Gelugur, Panti dan Rao Selatan. Turut hadir Tim Kaderisasi PB PMII, Satria Efendi Tuanku Kuning, Kepala Markas Banser Sumbar, Zeki Ali Wardana, Ketua PW Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sumbar, Rabiatul Adabiah, Satkorcab Banser Padangpariaman, Khairunnas, perwakilan camat dan KUA dari Kecamatan Panti, Padang Gelugur dan Rao Selatan.

Armaidi menyebutkan, dirinya dipercaya sebagai caretaker PCNU berdasarkan SK PBNU No 510/A.II.04.d/04/2020 tentang Penunjukkan dan Pengesahan Caretaker PCNU Kabupaten Pasaman tertanggal 21 Sya'ban 1441 H/15 April 2020 M. Caretaker diamanahkan untuk menyelenggarakan Konferensi Cabang PCNU Pasaman.

"Sebelum pelaksanaan Konferensi Cabang, terlebih dulu menginventaris tokoh, ulama, kader, simpatisan Nahdlatul Ulama di masing-masing kecamatan untuk melakukan pembentukan kepengurusan Majelis Wakil Cabang (MWC). Karena kami ingin semua potensi yang ingin berkhidmat dan membesarkan NU di Pasaman, harus diwadahi dalam kepengurusan," kata Armaidi.

Baca juga: NU Sumbar Minta PMII Padang Tingkatkan Pengkaderan

Dikatakan, masing-masing konferensi MWCNU yang diselenggarakan dengan terbuka, transparan dan mempersilakan tokoh, ulama, kader, simpatisan Nahdlatul Ulama bergabung. Setiap yang masuk dalam kepengurusan MWCNU pun mengisi kesediaan menjadi pengurus MWCNU.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: