Polres Pessel Aktifkan Patroli Wilayah untuk Antisipasi Pembalakan Liar dan Karhutla

Rabu, 24 Februari 2021, 08:29 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Polres Pessel Aktifkan Patroli Wilayah untuk Antisipasi Pembalakan Liar dan Karhutla
Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Sri Wibowo. (istimewa)

VALORAnews - Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Sri Wibowo akan melakukan tindakan preemptif, preventif dan penegakan hukum terhadap kasus pembakaran hutan yang mungkin terjadi di daerah itu. Kemudian, melaksanakan koordinasi dengan elemen masyarakat, TNI dan unsur pemerintah. Seperti, Tagana, BPBD dan Damkar

Menurut AKBP Sri Wibowo, hal ini merupakan tindaklanjut dari arahan dan instruksi Presiden RI, Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.

"Tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan ilegal logging serta pembakaran hutan di Pesisir Selatan. Kita akan tindak tegas," ujar AKBP Sri Wibowo pada awak media di Painan, Selasa (23/2/2021).

Dikatakan, banyak dampak negatif akibat ilegal logging itu yaitu banjir dan tanah longsor termasuk juga menggangu habitat satwa yang ada didalam hutan itu sendiri. Sementara, perambahan hutan dengan cara membakar, juga bisa memberikan dampak pada kesehatan warga, akibat asap ditimbulkan dari pembakaran hutan ataupun lahan.

Baca juga: Pelaku Karhutla Seluas 26 Ha di Inhu Diamankan

AKBP Sri Wibowo meminta jajaran Polsek yang ada dilingkup Polres Pessel, tetap melakukan kegiatan patroli rutin diwilayah hukumnya masing-masing, untuk meminimalisir ilegal logging, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) termasuk bencana alam. (pl1)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: