Gempabumi Tektonik 4,6 SR Berpusat di Sipora

Sabtu, 27 Maret 2021, 19:20 WIB | Wisata | Kab. Mentawai
Gempabumi Tektonik 4,6 SR Berpusat di Sipora
Personel BPBD memantau kejadian gempa secara realtime di layar monitor, begitu informasi diterima, Sabtu (27/3/2021). (istimewa)

VALORAnews - Kepala Stasiun Geofisika Padangpanjang, Irwan Slamet melansir, gempa tektonik yang teradi di Kepulauan Mentawai, Sabtu (27/3/2021), pukul 17.18 WIB merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki magnitudo 4.6 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.98 LS dan 99.28 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada 52 Km barat laut Pulau Sipora, Kepulauan Mentawai, Sumbar pada kedalaman 46 Km," ungkap Irwan Slamet dalam pernyataan tertulis yang diterima, Sabtu malam.

Guncangan gempabumi ini, ungkap dia, dirasakan di Peipei (Siberut Barat Daya) II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Tua Pejat I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," terang Irwan.

Baca juga: Ini Prakiraan Cuaca di 4 Objek Wisata Pantai Unggulan di Sumbar dari Sabtu Pagi hingga Sore

Hingga pukul 17.42 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: