Nurnas Serahkan Alsintan untuk 37 Keltan dari 11 Nagari di Padangpariaman

Selasa, 25 Mei 2021, 16:19 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Nurnas Serahkan Alsintan untuk 37 Keltan dari 11 Nagari di Padangpariaman
Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbar, HM Nurnas menyerahkan bantuan berupa mesin pembajak sawah (hand tracktor) pada perwakilan 37 orang anggota kelompok tani (Keltan) dari 11 nagari pada dua kecamatan di Kabupaten Padangpariaman, Selasa (25/5/2021)

VALORAnews - Sebanyak 37 kelompok tani (Keltan) dari 11 nagari pada dua kecamatan di Kabupaten Padangpariaman, dibantu mesin pembajak sawah (hand tracktor). Rinciannya, delapan nagari terdapat di Kecamatan Batang Anai dan tiga nagari di Kecamatan Lubukaluang.

Kemudian, juga diserahkan bantuan berupa 115 unit alat semprot rumput Oto Matos untuk kelompok tani dan wanita tani di daerah tersebut. Selanjutnya, juga akan diserahkan alat perontok gabah, jagung dan pemotong rumput.

"Khusus untuk Nagari Ketaping, berdasarkan aspirasi yang masuk pada saya, Alhamdulillah semua sudah terpenuhi. Tinggal kini menyikapi keluhan masyarakat tentang irigasi, yang tak pernah tuntas dari awal pembangunannya sampai saat ini, khususnya di daerah daerah Kampung Baru Teluk Mundam," ungkap anggota DPRD Sumbar, HM Nurnas saat ikut menyerahkan bantuan itu, Selasa (25/5/2021).

Diketahui, bantuan yang diserahkan ini, bersumber dari pokok pikiran (Pokir) Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumbar itu. Penyerahannya digelar di Dusun Pilubang, kenagarian Ketaping, kecamatan Batang Anai. Pada tahun anggaran 2021 ini, Nurnas juga telah menyerahkan puluhan becak motor (Betor) bagi warga di daerah pemilihannya ini yakni Dapil Sumbar II (Pariaman dan Padangpariaman).

Baca juga: 21 Kelompok Tani Tanah Datar Terima Bantuan Alsintan dari Arkadius

Dikesempatan itu, Nurnas juga mengingatkan Balai Sungai Sumbar dan kabupaten, bahwasanya Irigasi Anai 1 dan 2, dari mulai dibangun sampai kini, kondisinya masih banyak yang rusak. Selain itu, juga dibutuhkan pengerukan sendimen di banyak titik. Bahkan, ada yang putus di antaranya di Korong Kuliek.

"Visi-misi gubernur Sumbar melalui RPJMD mengatakan, akan meningkatkan hasil pertanian, pangan dan nelayan. Terjemahan visi ini, salah satunya terkait dengan perbaikan pengairan," tegasnya.

Ia juga memberi apresiasi pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Sumbar, karena sangat cepat merespon usulan masuk dalam realisasi anggaran.

"Kecepatan dalam realisasi anggaran dari dinas tersebut, perlu diapresiasi dan dicontoh dinas lainnya, sehingga realisasi tidak menunggu lama," tegas Nurnas.

Baca juga: Pansus III DPRD Sumatera Selatan Bertandang ke DPRD Sumbar, Ini Informasi yang Digali

Berkaitan dengan penyerahan bantuan aspirasi masyarakat melalui HM Nurnas, mewakili kepala Distanhorbun Sumbar, Syaiful Efendi mengatakan, bangga dan salut pada anggota DPRD Sumbar ini. Karena, betul-betul mengawal dan menjaga aspirasi atau keinginan masyarakat sampai tuntas.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: