Nurnas Merasa Geli Usai Menyigi Dokumen RPJMD Sumbar Madani, Unggul dan Berkelanjutan

Senin, 19 Juli 2021, 18:03 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Nurnas Merasa Geli Usai Menyigi Dokumen RPJMD Sumbar Madani, Unggul dan Berkelanjutan
Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Partai Demokrat DPRD Sumbar, H Muhammad Nurnas. (istimewa)

PADANG (19/7/2021) - Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Partai Demokrat DPRD Sumbar, H Muhammad Nurnas merasa geli sendiri, usai menyigi dokumen RPJMD Sumatera Barat yang telah diseminarkan DPRD Sumbar di ruang rapat utama, Selasa (13/7/2021). Seminar ini dihadiri para kepala daerah se-Sumatera Barat.

"Saya kenal dengan sebagian besar orang-orang hebat yang jadi tim perumus RPJMD Sumbar Madani, Unggul dan Berkelanjutan ini. Setelah menyigi dokumen RPJMD ini, saya jadi geli sendiri karena sebagian besar adalah copy paste dari RPJMD Padang," ungkap Nurnas dalam pernyataan tertulis yang diterima, Senin sore.

Selain copy paste, RPJMD ini juga dinilai Nurnas tak sesuai dengan Permedagri No 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencana Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

"RPJMD provinsi itu mesti memedomani Permendagri. Fakta dari dokumen RPJMD yang telah diserahkan itu, bab per babnya tidak sinkron satu sama lain," terang Nurnas.

Baca juga: Pansus III DPRD Sumatera Selatan Bertandang ke DPRD Sumbar, Ini Informasi yang Digali

"Saya minta ke Pansus, supaya melakukan tugas pengkajian terhadap RPJMD. Tidak jadi editor terhadap naskah ini," tegas Nurnas.

RPJMD Sumbar Madani, Unggul dan Berkelanjutan itu terdiri 9 Bab. Pada Bab IV dengan topik masalah dan isu, terungkap antar bab sebelumnya, berlawanan.

Selain itu, juga terjadi ketidakcermatan dalam menentukan besaran pendapatan daerah. "Kemampuan riil keuangan daerah ada di kisaran Rp1,2 Triliun. Total penerimaan daerah jadi Rp7,9 Triliun di 2026. Saat dikuliti Pansus soal ini, jangankan bertambah, malah turun jadi Rp7,8 Triliun," terangnya.

"Biasamya, jika diminta kaji, pasti estimasi di tahun akhir jabatan, APBD akan bertambah," ujar Nurnas.

Baca juga: Final Open Turnamen KT Katapiang, Nurnas: Dukung Kegiatan Positif Generasi Muda

Nurnas mengatakan, RPJMD dengan ketebalan 419 halaman ini, setelah dibaca halaman per halaman ternyata mayoritas isinya copy paste dengan RPJMD Kota Padang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: