Pengabdian Kepada Masyarakat UNP di Payakumbuh: 25 Peserta Ikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Arus Kas

Sabtu, 21 Agustus 2021, 17:16 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Pengabdian Kepada Masyarakat UNP di Payakumbuh: 25 Peserta Ikuti Pelatihan Penyusunan...
Ketua Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang (PKM UNP), Salma Taqwa didampingi Kepala SMKN 1 Payakumbuah, Yunita serta narasumber, foto bersama usai mengikuti pelatihan Penyusunan Laporan Arus Kas di gedung SMKN 1 Payakumbuh,

PAYAKUMBUH (21/8/2021) - Guru bidang studi akutansi SMK di Kota Payakumbuh, mengikuti pelatihan Penyusunan Laporan Arus Kas, Sabtu di gedung SMKN 1 Payakumbuh. Pelatihan yang ini diikuti 25 orang peserta ini terdiri dari para guru akutansi dari SMKN 1, SMKN 2 Guguk dan SMKS 2 Kasgoro serta beberapa siswa yang sudah duduk di kelas XII.

"Pelatihan ini diharapkan akan meng-update ilmu yang telah ada, terutama yang terkait dengan laporan arus kas yang merupakan laporan yang sangat penting dalam sebuah usaha bisnis," ungkap Ketua Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Padang (PKM UNP), Salma Taqwa didampingi Kepala SMKN 1 Payakumbuah, Yunita, Sabtu.

Dikatakan Salma, pelatihan ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Bersama Salma Taqwa, Tim PKM UNP yang melakukan pelatihan yakni Erinos dan Halkadri Fitra. Sementara, narasumber dari kegiatan ini yakni Nurzi Sebrina, Henri Agustin dan Erly Mulyani.

Baca juga: Cegah Stunting, Tim PKM UNU Sumbar Ajarkan Warga Padang Timur Olahan Pangan Berbahan Kelor

Salma Taqwa berharap, pelatihan ini mampu memberikan nilai tambah terhadap peserta yang mengikuti kegiatan dan terus berlanjut untuk masa selanjutnya. Pelatihan arus kas ini, menurut dia, akan menjawab pertanyaan tentang berapakah kas yang dihasilkan dari atau digunakan untuk operasi perusahaan.

Kemudian, menjawab pertanyaan, pengeluaran apakah yang dibayar dengan kas dari operasi, bagaimana deviden dibayarkan saat perusahaan mengalami kerugian operasi, berasal dari manakah kas untuk pembayaran utang, bagaimanakah kenaikan investasi didanai.

Selanjutnya, berasal dari manakah kas untuk pembelian aset tetap, mengapa kas lebih rendah saat labanya meningkat dan bagaimana penggunaan kas yang berasal dari pendanaan baru.

Pelatihan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini, baru berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Mereka juga banyak bertanya dan berdiskusi tentang pelaporan arus kas ini sesuai dengan kebaruan ilmu penyusunan laporan arus kas berdasarkan Standar Akuntansi yang berlaku. (vry)

Baca juga: Randai dan Musik Tradisional akan Diinisiasi: Warga Binaan LP Muara Padang Diajarkan Menulis Cerita oleh Tim Pengabdi FIB Unand

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: