Dekranasda Bukittinggi Dukung Rendang jadi Warisan Dunia Tak Benda Unesco

Minggu, 22 Agustus 2021, 12:06 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Dekranasda Bukittinggi Dukung Rendang jadi Warisan Dunia Tak Benda Unesco
Ketua Dekranasda Bukittinggi, Fiona Erman Safar saat mengikuti acara memasang rendang secara daring dari kantor Sekretariat Dekranasda Bukittinggi, Sabtu. (humas)

BUKITTINGGI (21/8/2021) - Dekranasda Bukittinggi turut berpartisipasi dalam acara Gerakan Memasak Randang se-Dunia yang diselenggarakan secara serentak dari berbagai belahan dunia melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu.

"Keikutsertaan Bukittinggi pada acara ini, sebagai bentuk dukungan agar Rendang diakui sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia, khususnya dari Sumatera Barat," ungkap Ketua Dekranasda Bukittinggi, Fiona Erman Safar yang mengikuti acara tersebut secara daring dari kantor Sekretariat Dekranasda Bukittinggi.

Acara ini digagas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Lantamal II Telukbayur. Diselenggarakan dalam rangka pendaftaran Rendang sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO.

Acara tersebut juga mendapat dukungan Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo, yang berkesempatan membuka acara secara virtual.

Baca juga: Discover West Sumatera Hotel Borobudur, Dubes Nigeria Borong Rendang Pakis Pensi Khas Maninjau

Sebelumnya, rendang oleh CNN Internasional pada 2011 lalu, dinobatkan sebagai hidangan terlezat dalam daftar 50 hidangan di dunia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2013, juga telah mengakui rendang sebagai warisan budaya tak benda Indonesia dari Sumatera Barat. (ham)

Baca juga: Jokowi Buka Pameran Inacraf 2023, Stand Kabupaten Agam Diserbu Pembeli

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: