Nagari Bayur Teken Nota Kesepakatan dengan PNP, Ini Target yang Dicapai

Selasa, 24 Agustus 2021, 20:11 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Nagari Bayur Teken Nota Kesepakatan dengan PNP, Ini Target yang Dicapai
Wali Nagari Bayua, kecamatan Tanjung Raya, Hadi Fajrin berdialog dengan Direktur PNP, Surfa Yondri dan jajaran, usai penandatangani Memorandum of Agreement (MoA), Senin. (istimewa)

AGAM (23/8/2021) - Wali Nagari Bayua, kecamatan Tanjung Raya, Hadi Fajrin tandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Politeknik Negeri Padang (PNP). Nota kesepakatan ini, terkait rencana menjadikan daerah tersebut sebagai nagari digital.

Direktur PNP, Surfa Yondri menilai, kedatangan jajaran pemerintahan Nagari Bayua ini, menandakan keberadaan perguruan tinggi ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"PNP bersemangat berkolaborasi dalam membangun nagari, karena itu bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi terutama dalam upaya meningkatkan kualitas SDM, kesejahteraan dan peningkatan pelayanan, seperti pembuatan website nagari, rumah dagang nagari dan sistem informasi nagari," ungkap Surfa Yondri, Senin.

Menurut Surfa, sangat banyak potensi Nagari Bayua yang bisa dikerjasamakan, terutama di bidang pariwisata dan teknologi tepat guna.

Baca juga: Wako Padang Ikut Shalatkan Mahasiswi PNP Korban Erupsi Gunung Marapi, Sempat Dirawat 13 Hari

"MoA ini adalah wujud nyata PNP untuk berkontribusi bagi nagari, karena salah satu bukti suksesnya perguruan tinggi adalah seberapa besar manfaatnya untuk masyarakat. Nagari Bayua adalah nagari ke-25 yang menjalin kerjasama dengan PNP," tambah Yuhefizar, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PNP.

Dikatakan, PNP terus menjalin kerjasama dan menjadikan nagari sebagai wadah mahasiswa untuk mempraktikkan dan menyumbangkan ilmu serta berbakti ke nagari sebelum mereka menentukan pilihan di lapangan kerja setamat kuliah nanti.

Contohnya, terang dia, mahasiswa membuat dan menyumbangkan karya tugas akhir misalnya berupa mesin pencacah tulang untuk pakan ternak, dengan harapan termanfaatkan oleh masyarakat nagari. Program ini dikenal dengan "Program 1 Nagari 1 Politeknik Negeri Padang" yang telah dimulai awal 2021.

"Artinya, di satu nagari ditempatkan 1 orang mahasiswa volunteer (tenaga suka rela) yang diprioritaskan berasal dari nagari itu sendiri," paparnya.

Baca juga: Tolak Rekrutmen PPPK Bawaslu, PPNPNS se-Bengkulu Gelar Aksi Solidaritas

Saat ini fasilitas pendidikan yang dimiliki nagari itu yakni SD 6 unit (5 negeri, 1 swasta), SMP 2 unit (1 negeri, 1 swasta), MTs 1 unit (swasta), MA 1 unit (swasta), MDA 8 unit dan TPA 17 unit.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: