Nagari Bayua Bersiap Menuju Desa Digital Bersama Tim PNP

Senin, 30 Agustus 2021, 18:04 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Nagari Bayua Bersiap Menuju Desa Digital Bersama Tim PNP
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PNP, Dr Yuhefizar menyerahkan buku tentang website pada Wali Nagari Bayua, Hadi Fajrin disaksikan Koordinator Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Agam, Yosnofrizal dan jajaran lainnya. (istimewa

AGAM (30/8/2021) - Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, fokus menyiapkan diri sebagai Nagari Digital. Mewujudkan visi itu, pemerintah nagari bekerjasama dengan Politeknik Negeri Padang (PNP) mengembangkan website dalam Sistem Informasi Nagari Berbasis Digital.

"Mengembangkan Sistem Informasi Nagari yang didalamnya ada website, merupakan bagian penting visi dan misi nagari yang sudah kita tuangkan dalam RPJM Nagari. Karena kita bersyukur adanya kerjasama dengan PNP guna mewujudkan visi dan misi nagari yang juga kita sebut sebagai Nagari Digital," ucap Wali Nagari Bayua, Hadi Fajrin saat memberi sambutan.

Dikesempatan itu, juga dilakukan pelatihan pembuatan website dan Sistem Informasi Nagari, Ahad (29/8/2021), di kantor wali Nagari Bayua. Pelatihan diberikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PNP, Dr Yuhefizar.

Peserta pelatihan, perangkat nagari dan beberapa pemuda yang akan jadi pengelola Sistem Informasi Nagari. Hadir juga mendampingi pelatihan ini, Koordinator Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Agam, Yosnofrizal.

Baca juga: Nagari Bayua Juara I Lomba Desa Aman Pangan Tingkat Nasional 2021

Dikatakan Hadi Fajrin, Nagari Bayua mempunyai banyak potensi, terutama potensi alamnya yang indah karena terletak di pinggir Danau Maninjau. Juga ada potensi budaya dan wisata religi, yang belum terekspose maksimal.

"Adanya website, sangat membantu dalam mengekspos potensi nagari. Apalagi dengan sistem informasi berbasis digital, meningkatkan kualitas pelayanan nagari," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur PNP, Dr Surfa Yondri menyambut baik kerjasama Nagari Bayua dengan PNP, khusus menjadikan Nagari Bayua sebagai Nagari Digital.

"Kami sangat berterima kasih pada nagari-nagari yang bekerjasama dengan kampus, karena keberhasilan suatu kampus itu adalah disaat manfaatnya dirasakan masyarakat," terangnya.

Baca juga: Layanan Digital Bank Nagari Rambah Entitas Bisnis hingga Masjid dan Mushalla

"Oleh karena itu, kami siap membantu Nagari Bayua melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) PNP. Kami juga mengundang nagari-nagari yang lain, untuk bekerjasama dengan PNP," ujarnya saat penandatanganan kerjasama, 23 Agustus 2021

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: