Randai Gumala Kreatif Unjuk Kebolehan di Batusangkar

Sabtu, 11 September 2021, 19:05 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Randai Gumala Kreatif Unjuk Kebolehan di Batusangkar
Anak Randai Gumala Kreatif, unjuk kebolehan pada Bimtek Pengembangan Kreativitas dalam Pertunjukan Randai Tahun 2021 yang digelar Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, di Batusangkar, Jumat. (kominfo)

BATUSANGKAR (10/9/2021) - Grup Randai Gumala Kreatif, unjuk kebolehan pada Bimtek Pengembangan Kreativitas dalam Pertunjukan Randai Tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Sumatera Barat, di Batusangkar, Jumat.

Tampil menghibur peserta dan penyelenggara, atraksi anak-anak Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur itu, berhasil memukau penonton sekaligus mendapat banyak pujian.

"Mari menghidupkan dan mengembangkan Randai, dengan meningkatkan kolaborasi dalam pemanfaatan potensi daerah," ungkap Ketua Komisi II DPRD Sumbar, Arkadius Datuak Intan Bano saat memberikan sambutan.

Bimtek yang dilaksanakan 10-11 September 2021 ini, juga diikuti pegiat literasi yang tergabung di Gumala Kreatif, Padang Panjang, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Arkadius mengajak seluruh stakeholder, untuk bersama melestarikan budaya tradisional serta mewariskan pada generasi penerus.

Dalam bimbingan teknis ini, peserta diberikan pelatihan tentang teknik-teknik Randai. Mulai dari tepuk, tokok (pukul), talempong, lagu dan irama Randai, naskah, penokohan serta pengembangan dan kreativitas randai. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: