Gempa Bumi Tektonik 5,3 SR Berpusat di Barat Daya Lubukbasung

Minggu, 12 September 2021, 19:15 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Gempa Bumi Tektonik 5,3 SR Berpusat di Barat Daya Lubukbasung
Infografis.

PADANG (12/9/2021) - Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,2 Scala Richter (SR), mengguncang sebagian wilayah Sumatera Barat, Ahad sekitar pukul 16.02 WIB. Pusat gempa berada di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera.

Episenter gempa pada koordinat 0,5 LS ; 99,69 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 42 km arah Barat Daya Kota Lubuk Basung, Kabupaten Agam pada kedalaman 57 km. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Australia," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam siaran pers yang diterima.

Hasil analisis mekanisme sumber, ungkap Bambang, menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (oblique thrust fault).

Baca juga: Ricky Eka Putra Dilantik jadi Camat Lubuk Basung, Ini Harapan Bupati dan LKAAM Agam

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bukittinggi, Payakumbuh, Solok Selatan, Pesisir Selatan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Di Kota Padang dan Padang Panjang II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), di Muko-Muko II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ungkap dia.

Hingga pukul 16.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Baca juga: Ketua PA Lubuk Basung Silaturahmi dengan Bupati Agam, Ini Harapan Andri Warman

"Masyarakat kita imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," harap Bambang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: