Bupati Solsel Nilai BBI Bariang Cocok jadi Lokasi Wisata Edukasi

Minggu, 12 September 2021, 21:17 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Bupati Solsel Nilai BBI Bariang Cocok jadi Lokasi Wisata Edukasi
Bupati Solok Selatan, Khairunas meninjau lokasi Balai Benih Ikan (BBI) Bariang di Nagari Lubuk Gadang Utara, Sabtu siang. (humas)

SOLOK SELATAN (11/9/2021) - Lokasi Balai Benih Ikan (BBI) Bariang Nagari Lubuk Gadang Utara, yang asri dan sejuk, membuat Bupati Solok Selatan Khairunas mencetuskan idenya untuk terus mengembangkan BBI tersebut sebagai salah satu lokasi wisata edukasi (pendidikan) di bidang perikanan air tawar.

"Suasananya nyaman dan penuh dengan pepohonan. Bagus untuk kita kembangkan jadi wisata edukasi perikanan air tawar," ungkap Khairunas, disela mengunjungi BBI Bariang, Sabtu siang.

Dalam arahannya, Khairunas menginstruksikan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) serta pengelola BBI, untuk terus meningkatkan kebersihan dan keindahan di areal tersebut, termasuk menambah pepohonan agar lebih rindang dan nyaman dikunjungi.

"Lakukan terus penghijauan, buat taman. Jadikan tempat wisata yang diintegrasikan dengan kegiatan perikanan. Kita terus upayakan dua BBI kita lebih berkembang lagi," harapnya.

Baca juga: Bapemperda DPRD Solok Selatan Pelajari Kiat DPRD Sumbar Susun Propemperda

Dia juga meminta BBI Bariang, untuk lebih meningkatkan produktifitas dalam menghasilkan bibit ikan, agar dapat dinikmati masyarakat secara lebih luas.

Guna mendukung itu, dia akan mengkaji, untuk meningkatkan biaya operasional dua BBI yang dimiliki Pemkab saat ini, yakni BBI Bariang dan BBI Pakan Salasa di Pauh Duo.

"Jika saat ini biaya operasional dua BBI kita hanya sekitar Rp400 juta, tahun depan kita kaji untuk ditingkatkan anggarannya. Kita juga mendorong BBI untuk terus berinovasi dan Pemkab siap untuk mendukung itu," tegasnya.

Sementara itu, Plt Kadis DKPP, Yalasri mengatakan, BBI Bariang tersebut sudah tiga tahun menjadi lokasi edu wisata khususnya bagi para pelajar yang ingin belajar lebih banyak tentang dunia perikanan.

Baca juga: Final MTQN XL Solok Selatan, Kafilah Agam Raih Peringkat I MFQ Beregu Putra

Sedangkan untuk produksi bibit ikan tahun 2020 silam, dari kedua BBI tersebut telah menghasilkan 2,7 juta bibit ikan dari berbagai jenis di antaranya Ikan Gariang, Malaguang, Nila dan lainnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: