Bunda Literasi Padang Panjang Main Congklak di Hari Jadi TBM Gumala Kreatif

Al Imran | Minggu, 03-10-2021 | 18:10 WIB | 113 klik | Kota Padang Panjang
<p>Bunda Literasi Padang Panjang Main Congklak di Hari Jadi TBM Gumala Kreatif<p>

Bunda Literasi Padang Panjang, dr Dian Puspita SpJP (kiri) berkesempatan bermain congklak saat menghadiri perayaan HUT ke-2 Taman Baca Masyarakat Gumala Kreatif di Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur, Ahad. (kominfo)

PADANG PANJANG (3/10/2021) - Bunda Literasi Kota Padang Panjang, dr Dian Puspita SpJP memuji Taman Baca Masyarakat (TBM) Gumala Kreatif, yang telah banyak meraih prestasi pada usianya yang baru dua tahun.

Pujian itu disampaikan dr Dian, saat menghadiri perayaan HUT ke-2 Taman Baca Masyarakat itu, Ahad di Sekretariat Gumala Kreatif, Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan Padang Panjang Timur.

"Selamat pada TBM Gumala Kreatif yang sudah menginjak usia dua tahun. Saya mengapresiasi pencapain prestasi yang sudah diraih Gumala Kreatif. Baru dua tahun berdiri, tetapi sudah banyak sekali prestasi yang didapat. Baik di tingkat kelurahan, kecamatan, kota maupun provinsi," tuturnya.


Menurut dr Dian, dengan perayaan ulang tahun ke-2 ini dan dengan prestasi yang sudah dicapai, bisa meningkatkan motivasi masyarakat dan penggiat literasi yang ada di Kota Padang Panjang.

"Keberadaan TBM di Kota Padang Panjang, termasuk TBM Gumala Kreatif, menjadi salah satu upaya pemerintah dengan masyarakat untuk meningkatkan literasi agar tercipta masyarakat yang literat dan berkualitas," jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Afrizal menyampaikan, dengan momentum ini, dapat dijadikan pengurus TBM Gumala Kreatif untuk terus meningkatkan karya kreativitas dan layanan kepada masyarakat. Juga bisa memacu tumbuh kembang dalam membaca, belajar, serta berinovasi.

"Dalam catatan kami, keberadaan Gumala Kreatif telah mampu menempatkan diri sebagai TBM penggiat literasi di kelurahan. Ini dibuktikan dengan prestasi sebagai TBM terbaik di Kota Padang Panjang, dan berhak mewakili kota dalam penilaian TBM terbaik tingkat provinsi," sebut Afrizal.

Ketua TBM Gumala Kreatif, Yandri Armaika menambahkan, perayaan ini diharapkan bisa meningkatkan kolaborasi antarmasyarakat dan mendayagunakan sumber daya manusia (SDM) yang ada di tengah masyarakat.

"Kami berharap, ke depannya kegiatan di TBM ini bertambah dan bervariasi seperti kegiatan seni. Kami juga mengharapkan perhatian dari pemerintah, untuk jadi semangat dan motivasi bagi penggiat literasi yang ada di Kota Padang Panjang," terang dia.

Usai sambutan dari beberapa tamu undangan, dr Dian berkesempatan memotong kue ulang tahun ke-2 TBM Gumala Kreatif dan ikut bermain permainan tradisional Congklak, bersama penggiat literasi dan anak-anak lainnya.

Kegiatan perayaan ini, dilanjutkan dengan lomba congklak, lomba memainkan ban bekas dan lomba orang tua bercerita.

Turut hadir, lurah Guguk Malintang, Bunda Literasi kecamatan, Bunda Literasi kelurahan, jajaran DPK, PKK dan perwakilan penggiat dan anak-anak TBM se-Kota Padang Panjang. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar