PIK-R Bukit Gado-Gado Gelar Vaksinasi, Kadinkes: Langkah Positif Remaja Membantu Pemerintah

Al Imran | Minggu, 03-10-2021 | 18:58 WIB | 51 klik | Kota Padang
<p>PIK-R Bukit Gado-Gado Gelar Vaksinasi, Kadinkes: Langkah Positif Remaja Membantu Pemerintah<p>

Panitia pelaksana vaksinasi Covid19 dari PIK-R Bukit Gado-gado, foto bersama usai pelaksanaan vaksinasi, Sabtu. Vaksinasi ini diikuti remaja dan warga dari kecamatan Padang Selatan. (veby rikiyanto)

PADANG (2/10/2021) - Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kampung KB Pesona Indah Kelurahan Bukit Gado-Gado bekerjasama dengan Puskesmas Pemancungan, gelar kegiatan vaksinasi Covid19 bagi remaja dan masyarakat, Sabtu (2/10/2021).

Puluhan warga dari Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, tampak antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan di sekretariat PIK-R di Bukit Gado-Gado tersebut.

"Awalnya, kegiatan vaksinasi ini direncanakan menyasar remaja dan anggota PIK-R, namun ternyata juga mendapat sambutan positif dari warga," ungkap Ketua PIK-R Bukit Gado-Gado, Destia Wanti.


Dikatakan Destia Wanti, PK-R Bukit Gado gado menargetkan sekitar 40 orang yang mengikuti vaksin. Ternyata, saat pelaksanaan, sudah lebih 60 orang yang mendaftar. "Juga ada warga di kelurahan lain yang ikut vaksin," ujarnya.

Menurut dia, dilaksanakannya vaksinasi bagi remaja dan anggota PIK-R ini, merupakan bagian dari persiapan menjelang dimulainya belajar tatap muka.

"Kita PIK-R Bukit Gado-Gado juga ingin membantu pemerintah, khususnya Pemko Padang melalui Dinas Kesehatan, dalam upaya meningkatkan capaian vaksinasi bagi warga Kota Padang," imbuhnya.

Camat Padang Selatan, Teddy Antonius yang diwakili Sekretaris Kecamatan, Maspeg mengatakan, Pemerintah Kecamatan Padang Selatan terus berupaya menggenjot capaian vaksinasi di wilayahnya.

"Kita telah melakukan vaksinasi terhadap warga, mulai dari masing-masing kelurahan, di kecamatan termasuk vaksinasi yang dilakukan di Puskesmas. Tujuannya, tentu kita ingin melindungi masyarakat sekaligus segera mengakhiri pandemi Covid-19," urai Maspeg.

Saat ini, menurut dia, pemerintah Kecamatan Padang Selatan juga sedang melakukan vaksinasi selama satu minggu yang dipusatkan di Kelurahan Batang Arau dan Mata Air.

"Dengan keterlibatan PIK-R ini, membuktikan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi sebagai salah satu ikhtiar menghadapi Covid19," imbuhnya didampingi Lurah Bukit Gado-Gado, Yandedi Nur.

Patut Dicontoh

Langkah aktif PIK-R ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Kesehatan Padang, Feri Mulyani yang meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Menurut Feri Mulyani, apa yang dilakukan PIK-R Bukit Gado-Gado ini, patut jadi contoh bagi remaja-remaja lainnya di Kota Padang, guna membantu memudahkan warga dalam mendapatkan vaksinasi.

"Ini merupakan langkah positif yang patut ditiru. Peran aktif remaja, sangat membantu dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk divaksin," ujar dia.

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, terang Feri Mulyani, tentunya upaya vaksinasi dapat mencapai target yang diharapkan guna mengatasi Covid-19 serta upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar