Dies Natalis ke-66 FMIPA: Rektor Unand Harapkan Prodi Akreditasi A Segera Beralih jadi Prodi Unggul

Senin, 04 Oktober 2021, 16:03 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Dies Natalis ke-66 FMIPA: Rektor Unand Harapkan Prodi Akreditasi A Segera Beralih jadi...
Rektor Universitas Andalas, Prof Yuliandri saat menghadiri rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-66 FMIPA Unand yang digelar secara hybrid, Sabtu (2/10/2021).

PADANG (4/10/2021) - Rektor Universitas Andalas, Prof Yuliandri mengungkapkan empat alasan utama yang jadi latarbelakang pemerintah menetapkan Unand sebagai Perguran Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) melalui Peraturan Pemerintah (PP) No 95 Tahun 2021.

Keempat alasan utama itu yakni telah melakukan penyelengaraan Tri Dhama Perguruan Tinggi secara bermutu, pengelolaan dengan prinsip tata kelola yang baik, memenuhi standar minimum kelayakan finansial dan menjalankan tanggung jawab sosial.

"Berbagai pencapaian Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), telah secara langsung berkontribusi dalam memenuhi standard dan indikator kinerja utama universitas," ungkap Prof Yuliandri saat memberikan sambutan pada Dies Natalis ke-66 FMIPA Unand yang digelar secara hybrid, Sabtu (2/10/2021).

Menurut Prof Yuliandri, berbagai upaya kemajuan dan pengembangan dalam pengelolaan Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun pelayanan kemahasiswaan, merupakan hal prioritas yang mesti terus dilakukan. Termasuk dengan program digitalisasi yang mestinya telah dimuali sejak penerimaan mahasiswa baru.

Baca juga: Ranah Minang Tempat Lahir Pemimpin Intelektual, Sekjen PDIP: Sekarang Menurun, Ada yang Salah?

"Pemutakhiran kurikulum, inovasi riset dan teknologi serta peningkatan kerjasama nasional maupun internasional juga penting dilakukan. Dengan begitu, semua program studi (Prodi) yang telah terakreditasi A, dapat beralih jadi Prodi Unggul di lingkungan Universitas Andalas," tukas Prof Yuliandri.

Dies Natalis ke-66 FMIPA Unand ini bertemakan 'FMIPA Unand Unggul Dalam Sains Dan Inovasi.' Puncak Dies Natalis ini adalah Rapat Senat Terbuka FMIPA Unand yang dilakukan secara online dan offline berpusat di Gedung Convention Hall, Kampus Universitas Andalas Limau Manis, Padang.

Kegiatan offline, membatasi kehadiran sesuai protokol kesehatan saat Pandemi Covid19. Walaupun demikian, para undangan maupun keluarga besar civitas akademika FMIPA yang hadir melalui aplikasi zoom, melengkapi kehangatan acara Dies Natalis kali ini.

Hadir juga melalui zoom, Sekjen MIPA Net, Prof Dr Hadi Suwono, Prof Masaji Watanabe dari Okayama University dan Prof Dr Hye Jin Lee dari Kyungpook National University, Korea.

Baca juga: Prodi FEB dan FIB Unand Peroleh Akreditasi Internasional, Siap Lahirkan Lulusan Berdaya Saing Global

Rapat Senat ini dibuka Ketua Senat FMIPA Unand, Prof Syafrizal Sy. Acara berlangsung lancar dari pagi hingga siang hari, menghadirkan orasi Ilmiah dari Guru Besar Jurusan Fisika FMIPA Unand, Prof Dr Dahyunir Dahlan, dengan judul orasi: "Lapisan Tipis Sebuah Inovasi Pengembangan Sains dan Teknologi."

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: