Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan Diberi Bimbingan Teknis

Selasa, 05 Oktober 2021, 17:13 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan Diberi Bimbingan Teknis
Disdikbud Padang Panjang, gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD tingkat kecamatan dan kelurahan, di Aula Disdikbud, Selasa. (kominfo)

PADANG PANJANG (5/10/2021) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang Panjang, laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Bunda PAUD tingkat kecamatan dan kelurahan, di Aula Disdikbud, Selasa. Bimtek ini guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

"Bimtek ini dilaksanakan sebagai salah satu program pemerintah untuk mendukung komitmen nasional tentang jaminan penyediaan layanan PAUD bagi seluruh anak, sejak lahir sampai berumur 6 tahun," sebut Kepala Disdikbud, M Ali Tabrani saat membuka kegiatan.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendorong peningkatan kerja Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan, dalam membentuk perkembangan anak-anak usia dini.

"Ikutilah kegiatan ini dengan baik. Banyak harapan yang terselip dalam kegiatan ini. Tidak mudah jadi Bunda PAUD ini. Kita harus banyak ilmu dalam membantu perkembangan anak usia dini," ujarnya.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

Bunda PAUD yang diwakili Ketua Pokja, Ridwan menyampaikan, keberadaan Bunda PAUD memang sangat dibutuhkan dalam menumbuh kembangkan anak usia dini sebelum memasuki tingkat pendidikan selanjutnya.

"Anak-anak PAUD butuh bimbingan serius dari kita, sebelum memasuki tingkat pembelajaran selanjutnya. Pembelajaran PAUD jauh berbeda dengan Sekolah Dasar. Kebanyakan saat ini anak-anak PAUD sudah diajarkan membaca, berhitung padahal itu belum waktunya. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk memahami stuktur PAUD ini," katanya.

Dijelaskan, PAUD memiliki peran yang strategis dalam pengembangan SDM dan juga menjadi wadah untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

"Tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang jadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya," tuturnya.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Kegiatan Bimtek ini diikuti sebanyak 18 perwakilan dari Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: