Pokja PKP Gelar Lokakarya Program Kotaku 2021

Rabu, 06 Oktober 2021, 14:20 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Pokja PKP Gelar Lokakarya Program Kotaku 2021
Tangkapan layar peserta Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 2021 melalui zoom meeting, Selasa. (kominfo)

PADANG PANJANG (5/9/2021) - Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Pokja PKP) Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Padang Panjang, menggelar Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 2021 melalui zoom meeting, Selasa.

"Lokakarya ini merupakan media dan ajang untuk membahas bersama strategi penanganan permukiman dan perumahan di Kota Padang Panjang. Keterlibatan seluruh sektor dan aktor adalah hal penting yang harus diwujudkan," ungkap Kepala Bappeda, Rusdianto saat mewakili Sekda Padang Panjang.

Program Kotaku merupakan wadah yang disediakan Pemerintah Pusat untuk menangani permasalahan kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat untuk mencegah timbulnya kawasan kumuh baru dan meningkatkan kualitas lingkungan kawasan kumuh yang sudah ada.

Lokakarya ini bertemakan "Sinergitas Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Swasta dalam Peningkatan Kualitas Permukiman." Digelar selama dua hari, 5-6 Oktober. Tujuannya, meningkatkan pemahaman, koordinasi dan komunikasi pelaku dalam pelaksanaan Program Kotaku.

Baca juga: Pj Wako Ajak Gubernur Sumbar Kulineran di Paskul Padang Panjang, Ini Saran Mahyeldi

Baik dalam target penanganan kumuh, revitalisasi Pokja PKP, pembentukan Forum PKP serta kebijakan atau strategi pemerintah daerah dalam penanganan di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP).

"Kita menekankan adanya sinergi dan kolaborasi antara Pokja PKP, Program Kotaku, OPD, stakeholder lainnya serta masyarakat. Diharapkan seluruh peserta berperan aktif dalam lokakarya ini, sehingga bisa memberikan kontribusi, usul dan saran untuk arah keberlanjutan program ke depan khususnya dalam penanganan kumuh di Kota Padang Panjang," ujarnya.

Diskusi lokakarya dilaksanakan secara panel, dengan moderator Koordinator Kota Program Kotaku, Yuni Martini. Tiga narasumber yang mengisi acara, di antaranya Yolly D Asrar (Dinas Perkimtan Sumbar), Bajang Ahmadi (Team Leader KMW OC-2 Sumatera Barat) yang mewakili PPK PKP Sumbar dan Erny Hafni (Pokja PKP Padang Panjang).

Kegiatan ini diikuti KMW OC 2 Sumbar, Perkimtan Provinsi Sumbar, Biro Kerja Sama Pembangunan Setdaprov Sumbar, Pokja PKP Kota Padang Panjang, perwakilan OPD, camat, lurah, Forum BKM, Forum Kota Sehat , LPM, perbankan, perguruan tinggi serta Tim Korkot Kota Padang Panjang. (jen)

Baca juga: Pascalongsor, Jalinsum Solok-Padang Panjang Bisa Dilalui Sabtu Sore Ini

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: