Rektor Ingatkan Peran Alumni di Pengukuhan DPP IKA Unand 2021-2025

Sabtu, 09 Oktober 2021, 18:49 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Rektor Ingatkan Peran Alumni di Pengukuhan DPP IKA Unand 2021-2025
Rektor Unand, Prof Yuliandri melantik Rustian (batik merah) jadi Ketua DPP IKA Unand periode 2021-2025 di Unand Convention Hall, Sabtu.

PADANG (9/10/2021) - Perubahan terjadi sangat cepat dan eksponensial pada abad 21 ini, telah memperlihatkan terjadinya pergerakan kekuatan ekonomi dari Barat ke Timur.

"Hal ini jadi tantangan bagi IKA Unand untuk menjadi organisasi tidak hanya sekadar paguyuban, tetapi harus bergeser menjadi rumah besar dan sehat bagi seluruh alumni Unand," tegas Rektor Unand, Prof Yuliandri saat memberikan sambutan pada pelantikan DPP IKA Unand periode 2021-2025 di Unand Convention Hall, Sabtu.

Selain bicara tentang tantangan alumni kedepan, Prof Yuliandri juga menegaskan keberadaan alumni di struktur majelis wali amanat (MWA). Menurut dia, keanggotaan MWA diatur secara spesifik dalam Pasal 27 Peraturan Pemerintah (PP) No 95 Tahun 2021 tentang PTN-BH Unand.

"Seorang MWA, salah satunya harus mempunyai komitmen untuk menjaga dan membangun Unand serta meningkatkan hubungan sinergis antara Unand dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat," ungkap Prof Yuliandri.

Baca juga: Ranah Minang Tempat Lahir Pemimpin Intelektual, Sekjen PDIP: Sekarang Menurun, Ada yang Salah?

Selain itu, Prof Yuliandri mengharapkan alumni untuk ikut berperan, memfasilitasi dan memberikan langkah terbaik untuk menyukseskan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Dimana, mahasiswa diberikan hak untuk dapat belajar di luar program studi antara lain magang dan kerja lain di bidang kemanusiaan serta program pembangunan lain.

DPP IKA Unand, terangnya, juga diharapkan untuk berkolaborasi dalam pendataan alumni. Dimana, Unand dan PTN lainnya diberikan target pencapaian indikator kinerja utama (IKU).

Salah satu di antaranya adalah, melacak keberadaan alumni (tracer study) untuk mengetahui masa tunggu dari alumni baik untuk bekerja maupun membuka lapangan kerja termasuk juga besarnya gaji atau pendapatan yang diperoleh alumni setelah tamat dari Unand.

Baca juga: Kantor DPP IKA Unand Dikembalikan ke Kampus, Firdaus HB Tagih Janji Ketua Umum

"Selain itu, kewajiban untuk menjalankan amanah sebagai DPP IKA Unand yang dilantik hari ini, haruslah diiringi dengan niat akan merawat kualitas kekerabatan dan persaudaraan seluruh alumni Unand," tukas Prof Yuliandri.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: