113 Orang Pelamar Tidak Ikut Ujian SKD CPNS di Padang Panjang

Al Imran | Sabtu, 09-10-2021 | 23:46 WIB | 27 klik | Kota Padang Panjang
<p>113 Orang Pelamar Tidak Ikut Ujian SKD CPNS di Padang Panjang<p>

Peseta ujian CPNS Padang Panjang tengah menjalani proses administasi sebelum mengikuti ujian di kampus ISI Padang Panjang, Sabtu. (kominfo)

PADANG PANJANG (9/10/2021) - Ujian Standar Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Padang Panjang yang berakhir Sabtu ini, berjalan baik dan lancar tanpa halangan. Hanya ada beberapa kendala kecil di lapangan saat proses berlangsung.

"Ada dua peserta ujian yang tidak memenuhi syarat surat keterangan tes swab antigen. Keduanya kita arahkan untuk lakukan swab antigen yang dikelola Dinas Kesehatan kita lebih dulu hingga akhirnya mereka bisa memenuhi syarat untuk mengikuti SKD ini," ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rudy Suarman saat meninjau ujian hari terakhir, Sabtu pagi.

Selama pelaksanaan ujian SKD, katanya, banyak pihak lain yang terlibat demi kelancaran ujian. Seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar), Sekretariat Daerah Kota, Dinkes, Kominfo dan lainnya.


"Kita berterimakasih pada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan ujian SKD. Terutama kepada ISI Padang Panjang yang sudah bersedia jadi lokasi pelaksanaan ujian SKD. Tanpa mereka, kita tidak akan bisa melaksanakan ujian ini," tuturnya.

Dengan total sebanyak 1.412 orang yang lulus administrasi dan telah dijadwalkan untuk ujian SKD, hanya 1.299 yang mengikuti ujian SKD di ISI Padang Panjang. Sedangkan sebanyak 113 orang lainnya tidak mengikuti ujian sama sekali.

"Kita berharap, untuk pelaksanaan ujian SKD tahun-tahun berikutnya, lebih baik lagi. Kita belajar dari kendala-kendala yang kita hadapi saat ini, walaupun itu hanya kecil," ucap Rudy.

Untuk tahapan selanjutnya, tambahknya, BKPSDM masih menunggu keputusan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Satpol PP Ikut Amankan Ujian

Guna menyukseskan ujian SKD CPNS Padang Panjang di Gedung ISI, personel Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) turut libatkan anggotanya dalam pelaksanaan ujian tersebut.

"Sejak ujian SKD berlangsung hari Selasa (5/1/2021) lalu, kami telah turunkan personel untuk membantu lancarnya proses ujian SKD yang dilaksanakan BKPSDM," ujar Kasat Satpol PP Damkar, M Alber Dwitra.

Setiap hari, terang Albert, Satpol PP Damkar menurunkan 13 personel di lokasi ujian. Mereka bertugas melakukan pengamanan, mulai dari pos registrasi, pemberian pin peserta, pos penitipan barang milik peserta dan pos body checking untuk memastikan peserta hanya membawa barang yang ditentukan untuk keperluan ujian sebelum memasuki ruang steril dan ruang ujian.

"Ini sesuai instruksi pusat. Peserta ujian tidak boleh membawa barang apapun, kecuali pensil dan kartu ujian. Kami tentu hanya menjalani sesuai peraturan. Jika ada yang melanggar, kami tegur," katanya.

Koordinator Tim Pengamanan, Sazali menyampaikan, anggotanya juga bertugas mengawasi proses ujian sesuai protokol kesehatan.

"Sesuai instruksi, setiap peserta ujian diwajibkan menggunakan masker dua lapis (masker medis dan masker kain). Mereka juga wajib memakai hand sanitizer sebelum memasuki ruang ujian. Ini kita lakukan guna mencegah penyebaran atau penularan virus Covid19," ujarnya. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar