SMP IT Al Hijrah Gelar Mukhayyam dengan Kemah Tahfiz

Minggu, 10 Oktober 2021, 18:18 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
SMP IT Al Hijrah Gelar Mukhayyam dengan Kemah Tahfiz
Siswa SMP IT Al Hijrah Padang Panjang, menggelar Mukhayyam al Quran melalui perkemahan serta tadabur alam di Area 55 Paintball Tanjuang, Kelurahan Ganting, Sabtu hingga Ahad (9-10/10/2021). (kominfo)

PADANG PANJANG (10/10/2021) - Meningkatkan kualitas hafalan al Quran para siswa, SMP IT Al Hijrah Padang Panjang, menggelar Mukhayyam al Quran melalui perkemahan serta tadabur alam di Area 55 Paintball Tanjuang, Kelurahan Ganting, Sabtu hingga Ahad (9-10/10/2021).

Mukhayyam al Quran yang dilaksanakan selama dua hari itu bertemakan "Meraih Kemuliaan Abadi di Dunia dan Akhirat dengan al Quran."

"Kegiatan ini merupakan metode lain yang kita coba dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa-siswa dengan suasana dan tempat yang berbeda. Kegiatan ini sudah lama kita rencanakan, namun pandemi Covid19, kita tidak ingin mengambil risiko jika membawa siswa berkegiatan di luar sekolah," ujar Kepala SMP IT Al Hijrah, Imamul Muttaqin.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ilham Syafitri berharap siswa-siswa dan lulusan bisa menjadikan al Quran sebagai pedoman hidup. Tidak hanya sekadar menghafal, namun juga bisa menjadi amalan dalam kehidupan mereka di dunia dan bermanfaat di akhirat kelak.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

"Alam terbuka kerap menyajikan hal-hal yang dibutuhkan otak dalam menghafal dan meningkatkan kualitas hafalan. Kalau di sekolah kejenuhan tentu ada. Dengan mengajak mereka keluar semoga fokus dan konsentrasi mereka dalam menghafal al Quran dapat terwujudkan," tuturnya.

Ketua Yayasan Pembangunan Daerah, H Rizal Hidayat memberikan apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Kita atas nama yayasan sangat berterima kasih atas inovasi-inovasi yang dilakukan pihak sekolah dalam membentuk karakter peserta didik dan tujuan dari pendidikan dapat tercapai dengan baik."

"Kita merasa ini momentum bagi kita semuanya untuk dapat dekat dan menyatu dengan anak-anak. Kami berharap ini adalah awal dari kegiatan-kegiatan inovasi lainnya yang kelak dilahirkan oleh sekolah," ucapnya.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Selain Tahfizul Quran, juga dilaksanakan kegiatan dengan penguatan akidah dalam bentuk muhasabah diri, peningkatan literasi sekolah serta pembentukan karakter dalam wadah outbond. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: