Unand Fasilitasi UMKM GaruRi Pengurusan NIB

Al Imran | Minggu, 10-10-2021 | 21:47 WIB | 72 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Unand Fasilitasi UMKM GaruRi Pengurusan NIB<p>

Ketua pelaksana TPM yang juga dosen BDP FPUA, Benni Satria foto bersama dengan Manager UMKM GaruRi, H Daflus dan mahasiswa Unand lainnya, seputar pembahasan rencana pengembangan usaha ini kedepannya, Ahad. (istimewa)

"UMKM GaruRi dapat jadi usaha mandiri dalam jangka waktu 2-3 tahun kedepan, seperti binaan yang dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat (TPM) melalui program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas," ungkap Benni Satria, ketua pelaksana TPM yang juga dosen BDP FPUA, Ahad.

Teh Herbal Super GaruRi ini, pabrik pengemasannya di Parak Jambu, Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Program berkelanjutan membina mitra GaruRi untuk tumbuh kembang ini, merupakan pengabdian kepada masyarakat Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang.


Dikatakan Benny, bahan baku teh gaharu seperti daun dan gubal gaharu itu, juga dapat menghasilkan sejumlah produk turunan seperti parfum, obat herbal, sabun, aromatherapy, handycraf dan lainnya.

Produk teh herbal ini, terang Benny, memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan stamina, menstabilkan tekanan darah, menetralisir maagh kronis, menetralisir Insomnia, meningkatkan fungsi sexual, melegakan dan merawat sistem pernafasan, menetralisir kerusakan ginjal dan hati, meningkatkan daya ingat, menunda penuan, mengontrol kadar gula darah, menurunkan kolesterol.

"Produk teh ini telah beredar di masyarakat baik melalui online maupun ofline," terangnya.

Dikesempatan itu, Manager UMKM GaruRi, H Daflus mengucapkan terimakasih pada LPPM Unand melalui Tim PKM, yang telah menjadikan UMKM GaruRi sebagai salah satu binaan Unand.

"Semoga UMKM ini pada waktunya akan menjadi UMKM Mandiri," harap H Daflus.

Dalam rangka membina tumbuh dan berkembang usaha Mitra GaruRi, tim pengabdian kepada masyarakat (TPM) yang terdiri dari Dr Benni Satria (ketua), Dr Andasuryani, Dr Neswati, Syahyana Raesi MSc dan Dr Yurniwati, Muhammad Farrel Syabena dan 4 mahasiswa, telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada September 2021 di UMKM GaruRi.

Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk membina UMKM GaruRi jadi usaha mandiri, juga dilaksanakankan dalam rangka Dies Natalis Universitas Andalas ke-65, sekaligus menyambut Dies Natalis Fakultas Pertanian ke-67.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pendataan kembali terhadap kegiatan pembinaan UMKM. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar