Mahasiswa KKN Unand Kenalkan Dampak Sampah Plastik pada Siswa SD 18 Tanjung Gadang

Al Imran | Senin, 11-10-2021 | 20:32 WIB | 52 klik | Kab. Sijunjung
<p>Mahasiswa KKN Unand Kenalkan Dampak Sampah Plastik pada Siswa SD 18 Tanjung Gadang<p>

Mahasiswa KKN Unand, Gito Syahputra menyosialisasikan bahaya sampah plastik pada siswa SDN 18 Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung. (istimewa)

PADANG (11/10/2021) - Sampah plastik mesti dikelola secara baik. Jika tidak, akan mengganggu ekosistem karena dia tidak bisa diurai dalam waktu cepat. Jika mampu mengelolanya, bisa memberikan dampak ekonomis.

Hal itu dikatakan mahasiswa KKN Unand, Gito Syahputra saat sosialisasi bahaya sampah plastik pada puluhan siswa SDN 18 Tanjung Gadang, mengisi kegiatan KKN di Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung. Gito merupakan mahasiswa Program Studi Biologi pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

"Sampah plastik yang tidak terkelola, akan mengganggu ekosistem. Lingkungan yang jadi lokasi pembuangan sampah juga terdampak langsung," ungkap Gito dalam paparan yang dilakukan secara interaktif itu.


Agar sampah plastik tidak memberikan dampak negatif, Gito mengajak siswa SD 18 Tanjung Gadang untuk memanfaatkan atau melakukan daur ulang sampah sampah plastik itu. Selesai pemaparan, Gito mengajukan sejumlah pertanyaan pada siswa tentang sampah plastik.

Ternyata, siswa SD 18 Tanjung Gadang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Beberapa dari mereka, jawabannya masih belum sempurna. Namun, keberanian siswa SD 18 Tanjung Gadang patut diapresiasi.

"Agar lingkungan terjaga, setiap lapisan masyarakat harus saling peduli terhadap sekitarnya baik itu pemerintah daerah beserta jajaran, struktural kesehatan suatu daerah, maupun masyarakat yang berada di daerah tersebut," terang Gito.

Menurut Gito, kepedulian masyarakat tidak dapat terbentuk dengan sendirinya, tanpa ada informasi dan perbaharuan yang terus disampaikan pada masyarakat. "Jadi, tingkat pengetahuan masyarakat terkait kebersihan lingkungan ini, sebenarnya dapat diukur melalui tingkat kepedulian mereka," tukas dia.

Sosialisasi sampah plastik ini digelar bersamaan dengan program skrining gizi dan pembagian makanan tambahan.

Sementara, Kepala SDN 18 Tanjung Gadang, Karimin mengucapkan terimakasih atas sharing informasi mahasiswa KKN Unand di sekolah itu. Guru-guru juga menyambut kegiatan mahasiswa karena memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan hal-hal kreatif.

Pada kesempatan lain, Heru Dibyo Laksono memberikan apresiasi yang tinggi atas upaya yang dilakukan mahasiswa KKN. Tidak lupa, Heru mengingatkan agar selama kegiatan mahasiswa juga tetap memperhatikan protokol kesehatan, agar mata rantai penyebaran Covid19 dapat diputus dengan segera.

Sosialisasi ini dimoderatori Zaharatul Jannah, mahasiswa Prodi Antropologi FISIP Unand dengan pembawa acara, Zahara. Selama kegiatan, juga diselingi dengan kegiatan ice breaking agar suasana interaktif bisa terbangun.

Acara sosialisasi ini ditutup dengan pemanggilan nama siswa yang aktif selama sosialisasi. Mereka kemudian diberikan satu per satu hadiah makanan, agar termotivasi dan lebih percaya diri pada setiap acara. Tidak hanya memotivasi yang sudah mendapat hadiah, juga dapat memotivasi adik-adik yang masih belum aktif, bisa jadi ikut aktif seperti temannya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar