Pertokoan IPPI Pasar Raya Padang Dibangun Kembali

Al Imran | Selasa, 12-10-2021 | 19:20 WIB | 31 klik | Kota Padang
<p>Pertokoan IPPI Pasar Raya Padang Dibangun Kembali<p>

Wali Kota Padang, Hendri Septa meletakan batu pertama pembangunan Ikatan Pedagang Pasar Inpres (IPPI) Pasar Raya, Senin. (humas)

PADANG (11/10/2021) - Wali Kota Padang, Hendri Septa menegaskan, pembangunan pertokoan Ikatan Pedagang Pasar Inpres (IPPI) Pasar Raya, jadi salah satu prioritas Pemko Padang melalui Dinas Perdagangan.

Menurut Hendri, kelompok pedagang IPPI Pasar Raya masih belum mendapat tempat representatif pasca Gempa 30 September 2009 silam. Padahal, pasar merupakan pusat ekonomi masyarakat, dimana putaran uang cukup besar setiap harinya.

"Kita kembali membangun pusat pertokoan IPPI Pasar Raya untuk memberikan kesempatan bagi pedagang. Mudah-mudahan, dengan dibangunnya pertokoan IPPI jadi cikal bakal menggeliatnya ekonomi di Kota Padang," tukuk Hendri Septa.


Bakal hadirnya pertokoan IPPI Pasar Raya Padang ini, ditandai dengan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan pusat pertokoan yang berada di samping Eks Kantor Balai Kota Padang lama, Jalan M Yamin, Senin.

"Pertokoan IPPI tidak hanya tempat perdagangan, namun menjadi daya tarik bagi Kota Padang untuk sektor pariwisata. Tidak lengkap kiranya, kalau tidak berkunjung dan belanja ke pertokoan IPPI," tambah Hendri Septa.

Dia mengungkapkan, dibangunnya pertokoan IPPI tersebut merupakan salah satu bentuk penataan pedagang di kawasan Pasar Raya Padang. Pertokoan ini akan dibangun sebanyak 24 petak dengan ukuran 3x4 meter dilengkapi kamar toilet dan area parkir.

"Semoga pertokoan IPPI ini dapat jadi rujukan pilihan utama bagi masyarakat yang akan membeli untuk memenuhi kebutuhan. Jika pertokoan IPPI ramai pembeli tentu yang diuntungkan bukan hanya pedagang dan pembeli, namun pemasok bahan dagangan seperti pelaku usaha disekitar IPPI. Sehingga pada akhirnya terwujud kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Kepala Dinas Perdagangan, Afrialdi Masbiran menyebutkan, setelah 11 tahun sejak pascagempa 2009, penantian yang cukup lama pertokoan IPPI akhirnya bisa dibangun.

"Tujuan dibangunnya pertokoan IPPI ini, untuk mengakomodir pedagang IPPI yang belum memiliki tempat sejauh ini. Begitu juga meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke Pasar Raya," tukasnya.

Manfaat pembangunan pertokoan IPPI Pasar Raya ini, sambung dia, adalah salah satu upaya penataan Pasar Raya yang lebih baik dengan tersedianya pertokoan yang layak bagi pedagang IPPI.

"Di samping itu juga diharapkan meningkatnya, nilai transaksi pedagang khususnya di Pasar Raya Padang. Terutama meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Padang yang bersumber dari retribusi kawasan pasar," harapnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar