Rapat Kerja Dewan Dakwah Sumbar, Ikhtiar Hadapi Tantangan

Rabu, 13 Oktober 2021, 18:13 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Rapat Kerja Dewan Dakwah Sumbar, Ikhtiar Hadapi Tantangan
Pengurus DDII Sumbar, Afdal memimpin rapat kerja yang dihadiri Ketua Dewan Da'wah Sumbar, Yaswirman didampingi Sekretaris Dewan Dakwah Sumbar, Mazwar Mas'ud serta jajaran pengurus dan pengurus Daerah Dewan Dakwah kabupaten/kota se-Sumbar di Gedung Islamic

PADANG (13/10/2021) - Ketua Umum Dewan Dakwah Pusat, Adian Husaini mengingatkan, organisasi keagamaan ini memiliki tiga aset yang diwariskan M Natsir dan para pendiri lainnya yaitu aset intelektual, keteladanan dan fisik. Ketiga aset ini harus disinergikan, untuk memperkuat dakwah ilallah.

"Dalam seluruh aktivitasnya, kader dan da'i Dewan Dakwah harus mengedepankan semangat keikhlasan dalam seluruh aktivitas dan kegiatannya," tegas Adian saat memberikan arahan pada rapat kerja Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII) Sumatera Barat, Rabu.

Rapat kerja ini dihadiri Ketua Dewan Da'wah Sumbar, Yaswirman didampingi Sekretaris Dewan Dakwah Sumbar, Mazwar Mas'ud serta jajaran pengurus dan pengurus Daerah Dewan Dakwah kabupaten/kota se-Sumbar di Gedung Islamic Centre Al Quds.

Menurut Adian, dakwah juga harus disesuaikan dengan perkembangan sosial. Kemudian, juga perlu diorientasikan untuk mendidik ummat jadi pemimpin. "Pendidikan yang difokuskan adalah bagaimana menciptakan da'i di bidang keilmuannya masing-masing. Da'i di bidang teknik, da'i di bidang hukum, da'i di bidang ekonomi dan seterusnya," ujar Adian Husaini.

Baca juga: Dewan Dakwah Sumbar Serukan Selektif Memilih Pemimpin dan Bertoleransi dalam Perbedaan

"Juga penting, Dewan Dakwah di Sumbar secepat mungkin menjadi leading sector penggerak penanggulangan LGBT dengan berbagai strategi," tegasnya.

Perkuat Sinergi dengan Yarsi

Sementara, Yaswirman meminta Dewan Dakwah Kabupaten/Kota, melakukan sinergi dengan unit-unit usaha Yarsi di kabupaten/Kota. Adakan pertemuan-pertemuan dengan Yarsi dan rumuskan program dakwah yang dapat disinergikan.

"Dewan Dakwah kabupaten/kota yang belum memiliki sekretariat yang representatif, silakan buat plang Dewan Dakwah di lingkungan RSI Ibnu Sina setempat," tegas Yaswirman.

Baca juga: Milad 33 Tahun Islamic Centre Al Quds, Susun Ulang Peta Dakwah jadi Wacana

Ke depan diharapkan, Dewan Dakwah kabupaten kota yang di daerah tersebut ada unit-unit usaha Yarsi Sumbar, dapat mentakmirkan mushalla, mendukung program Rohis maupun program pembinaan ruhani bagi SDM yang ada di unit-unit usaha tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: