Arsip adalah Penjaga Sejarah

Jumat, 15 Oktober 2021, 16:08 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Arsip adalah Penjaga Sejarah
Sekda Bukittinggi, Martias Wanto saat menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi e-Arsip Srikandi, Kamis siang. (hamriadi)

BUKITTINGGI (15/10/2021) - Sekretaris Daerah (Sekda) Bukittinggi, Martias Wanto menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi e-Arsip Srikandi, Kamis siang.

Bimtek yang diselenggarakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Bukittinggi tersebut, berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh perwakilan seluruh SKPD di Lingkungan Pemko Bukittinggi.

Dalam arahannya, Martias menegaskan arti penting dari arsip dan proses digitalisasi arsip ini.

"Arsip adalah penjaga sejarah, karena dengan arsip yang menyimpan fakta dan informasi, sejarah tidak akan bisa dikaburkan," ujar Martias.

Baca juga: PT Semen Padang Serahkan CSR Sarana Prasarana Disabilitas untuk Mall Pelayanan Publik Bukittinggi

Arti penting kedua, arsip akan memperkuat posisi pemerintah jika menghadapi tuntutan dan atau gugatan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ketiga, penataan arsip yang baik akan mempermudah penertiban aset-aset pemerintah.

Martius berharap, peserta Bimtek dan seluruh ASN Bukittinggi menjadi aparatur yang kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

"Arsip yang terpelihara, adalah langkah awal penyelenggaraan Pemerintah yang sukses, pasti, dan terarah," tegas Martias Wanto.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel Naik 100 Persen

Di akhir sambutannya, Martias meminta komitmen peserta Bimtek, untuk mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan selama mengikuti Bimtek di lingkungan kerja masing-masing. (ham/rls)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: