Forum Anak Daerah Pasbar Diikutkan Capacity Building

Jumat, 15 Oktober 2021, 21:01 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Forum Anak Daerah Pasbar Diikutkan Capacity Building
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan Risnawanto (Wabup) serta Kepala DPPKBP3A, dr Anna Rahmadia dan staf, memperlihatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya yang diterima dari Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (15/10/2021) - Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menyatakan, Pemkab Pasbar selalu siap memperhatikan kehidupan anak. Hal itu dibuktikan dengan penghargaan Kabupaten Layak Anak yang terus meningkat. Dari level pratama ke madya di 2021 ini.

"Ada istilah anak kanduang sibiran tulang. Artinya kasih sayang penuh, kasih sayang orangtua yang tiada batasnya kepada anak-anaknya. Bagaimana kita pemerintah daerah, bagaimana kita orangtua meningkat kapasitas anak Pasbar," ungkap Hamsuardi saat memberikan sambutan pada kegiatan Capacity Building Forum Anak Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Jumat.

Anak anak yang hadir ini, terang Hamsuardi, merupakan tongkat estafet kepemimpinan di masa depan. "Di antara kalian nantinya, ada yang akan jadi kepala jorong, dai nagari, anggota DPR, bupati, wakil bupati, kepala dinas dan lainnya. Kita siapkan anak-anak kita dalam mencapai mimpi dan cita-citanya," ujar Hamsuardi.

Penghargaan KLA Kategori Madya ini diterima Hamsuardi dari Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

"Saya dan bapak wakil, berkesempatan menerima hadiah di Jakarta. Banyak bupati atau wali kota menerima berbagai hadiah dan penghargaan. Semoga, tahun depan kita naik peringkat lagi. Langsung ke tingkat 5, dengan usaha kita bersama termasuk anak anak dan pemerintah," tukas Hamsuardi didampingi Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto, di aula kantor DPPKBP3A.

Hamsuardi berharap, kedepan anak-anak Pasbar mendapatkan pendidikan yang terbaik, mendapatkan pembinaan, diberikan fasilitas terbaik, aktif, agar kedepan anak-anak Pasbar dapat menjadi contoh yang memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), dr Anna Rahmadia menjelaskan, capacity building inimerupakan wadah dari pemerintah melalui Forum Anak yang dibentuk dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan dan nagari.

Capacity building bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hak-hak anak untuk hidup, tumbuh dan berkembang. Anak-anak juga sebagai pelopor dan pelapor bagi anak-anak lain, meningkatkan silaturrahmi, mengedukasi sikap sportifitas, mewujudkan Kabupaten Pasaman Barat menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) serta mempersiapkan anak untuk Musrenbang Anak tahun 2021.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

Melalui capacity building, lanjutnya, nantinya diharapkan anak-anak paham tentang kebutuhannya, permasalahan anak, partisipasi anak dalam mewujudkan anak yang layak dalam segala unsur baik dalam pemerintahan maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: