Naufal dan Siti jadi Jawara di Apresiasi PIK-R SLTP

Sabtu, 16 Oktober 2021, 18:18 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Naufal dan Siti jadi Jawara di Apresiasi PIK-R SLTP
Ketua TP PKK Padang Panjang yang juga Bunda GenRe, dr Dian Puspita foto bersama pemenang pada Acara Puncak Apresiasi PIK-R 2021 Tingkat SMP se-Kota Padang Panjang, Jumat, di Auditorium Mifan Water Park. (kominfo)

PADANG PANJANG (15/10/2021) - Siswa MTsN Padang Panjang, Naufal Dzakwan dan siswi SMP Darul Hikmah, Siti Kirania Fani berhasil jadi juara 1 Apresiasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) se-Kota Padang Panjang.

Naufal dan Siti berhasil mengungguli dua pasang kandidat lainnya di tiga besar, yakni Urfi Fadlul Khair dari MTsN, Nadya Syahrani dari SMPN 5 yang kemudian menjadi juara 2 serta Muhammad Irfan dari SMPN 4, Syifa Attinah Hafidz dari SMPN 3 sebagai juara 3.

Penentuan juara tersebut, ditentukan melalui hasil penilaian dewan juri dari beberapa tahap penilaian yang dijalani peserta selama tiga hari ini. Bertindak sebagai dewan juri di antaranya, Bunda GenRe, dr Dian Puspita, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Martoni, Koordinator Bidang KS/PK Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumbar, Desra dan perwakilan Duta GenRe, Jhonny.

Hasil penilaian ini diumumkan pada Acara Puncak Apresiasi PIK-R 2021 Tingkat SMP se-Kota Padang Panjang, Jumat, di Auditorium Mifan Water Park. Turut hadir di acara ini Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran dan kepala Perwakilan BKKBN Sumbar yang diwakili Koordinator Bidang Adpin, Budi Mulia.

Baca juga: Genre Award 2023, PIK-R Bukit Gado Gado Sabet Dua Gelar

Dalam sambutannya, Fadly menyampaikan, kegiatan PIK-R ini berguna untuk memproteksi anak-anak usia produktif sebagai aset yang menjadi masa depan bangsa dan negara. Mereka bisa mewujudkan Kota Padang Panjang yang bermarwah dan bermartabat.

"Di Indonesia, jumlah anak usia produktif hampir 60%. Jadi bisa dipastikan program-program keremajaan dan kepemudaan sangat penting untuk kita kemukakan. Jangan sampai kita terlena, bahwa yang menjadi real asset bangsa dan negara kita adalah anak-anak remaja ini," tegasnya.

Fadly berharap, kegiatan keremajaan ini bisa melahirkan anak-anak muda yang brilian dan anak-anak muda yang mempunyai talenta pada semua lini. Juga menjadi panutan, menjadi contoh, menjadi pengerak dan memiliki ilmu yang bermanfaat bagi pemuda-pemudi di sekitarnya.

Sementara itu, Budi Mulia mengapresiasi dukungan wali kota dan Pemko yang telah berkomitmen dalam melakukan pembinaan pada generasi muda. Terutama dalam mewadahi kegiatan siswa-siswi di PIK-R dalam masa pandemi Covid19 ini.

Baca juga: PIK-R Bukit Gado Gado Wakili Kota Padang di Tingkat Provinsi

"Pemberian pembinaan dan penghargaan pada PIK-R tingkat SMP, ini merupakan yang pertama. Ide ini muncul di Padang Panjang. Sesungguhnya, inti pembekalan kesehatan dan konseling remaja ini memang harus dimulai dari SMP. Ini suatu langkah strategis yang nanti bisa dicontoh kabupaten dan kota lainnya," tuturnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: