Vaksinasi Covid19 di Kapal KRI Bontang Diikuti 1.159 Warga Sikakap

Al Imran | Minggu, 17-10-2021 | 20:56 WIB | 45 klik | Kab. Mentawai
<p>Vaksinasi Covid19 di Kapal KRI Bontang Diikuti 1.159 Warga Sikakap<p>

Komandan Lantamal II Padang, Hargianto saat kegiatan 'Serbuan Vaksin Maritim TNI AL, Sinergitas Lantamal II Padang untuk Negeri di KRI Bontang 907 Perairan Sikakap Mentawai,' Jumat. (humas)

MENTAWAI (15/10/2021) - Sebanyak 1.159 warga Sikakap ikuti vaksinasi covid-19 di KRI Bontang-907, Jumat. Vaksinasi di atas kapal perang ini digelar di Teluk Sikakap, Mentawai.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet menyatakan rasa terima kasih pada jajaran TNI Angkatan Laut, khususnya Lantamal II Padang, yang telah menggelar vaksinasi di daerah kepulauan berstatus 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) itu.

"Terima kasih kami sampaikan pada Bapak Hargianto, Komandan Lantamal II Padang bersama jajarannya yang telah memberikan pelayanan kesehatan pemberian vaksin pada warga Mentawai," ucap Yudas pada sambutan acara serbuan vaksinasi Maritim di Teluk Sikakap.


Yudas menilai, program serbuan vaksinasi Maritim yang digelar Dinas Kesehatan Lantamal II Padang bersama Dinas Kesehatan Mentawai di atas kapal perang KRI Bontang-907 di perairan Sikakap, merupakan ujud kepedulian pemerintah melalui jajaran TNI AL.

"Kegiatan ini sangat membantu percepatan program pemberian vaksinasi Covid19 pada warga Mentawai yang saat ini juga sedang berlangsung secara bertahap melalui Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Tuapejat, dan pada beberapa Puskesmas di Kabupaten Kepulauan Mentawai," tukas Yudas.

Yudas mengatakan, pemberian vaksin diutamakan untuk warga Mentawai usia sekolah. Karena, ada anggapan dikalangan masyarakat, mereka merasa kebal dari virus sehingga banyak yang enggan divaksin.

"Terutama anak-anak usia sekolah setingkat SMA, harus diberikan vaksin. Karena mereka merasa kebal dari virus dan banyak yang enggan, jadi mari kita beri motivasi mereka untuk divaksin," ujar Yudas.

Animo masyarakat Sikakap dan sekitarnya mengikuti vaksinasi massal di Dermaga Syahbandar Sikakap terlihat tinggi. Dengan berjalan kaki, naik boat, mengendarai motor bahkan menumpang truck, mereka beramai-ramai mendatangi lokasi vaksinasi.

Vaksinasi massal ini diadakan di dua titik yakni di atas Kapal KRI Bontang-907 untuk melayani pelajar SMP/MTs-SMA se-Sikakap. Kemudian, di pelataran Dermaga Pelabuhan Syahbandar untuk masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksin.

Sejak pukul 07.30 WIB dilapangan Syahbandar sudah dipenuhi pelajar yang mengenakan seragam pramuka beserta guru pendamping serta masyarakat umum dari berbagai dusun.

Mereka menyambut kedatangan kapal Perang TNI AL yang datang jauh-jauh ke Kepulauan Mentawai dalam rangka kerjasama percepatan vaksinasi dengan pemerintah Kabupaten Mentawai yang berjuluk 'Bumi Sikerei' ini.

Terdengar sorak-sorai dan riuh tepuk tangan, saat kapal perkasa ini menyandar di pelabuhan. Kedatangan kapal yang memiliki ukuran sangat besar ini, jadi daya tarik sendiri dan hiburan bagi masyarakat sekitar.

Sesuai tema yang diusung dalam spanduk 'Serbuan Vaksin Maritim TNI AL, Sinergitas Lantamal II Padang untuk Negeri di KRI Bontang 907 Perairan Sikakap Mentawai,' mendapatkan animo yang sangat besar. Seribuan masyarakat mengantri untuk mendapatkan vaksin.

Meski ditengah pelaksanaan sempat diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mendapatkan vaksin. Hingga sore hari menjelang, antrian masih terlihat dan sisanya sedianya akan dilanjutkan esok harinya. (dni)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Mentawai