Bukittinggi Raih 3 Penghargaan dari Kemen LHK

Al Imran | Selasa, 19-10-2021 | 16:02 WIB | 25 klik | Kota Bukittinggi
<p>Bukittinggi Raih 3 Penghargaan dari Kemen LHK<p>

Wawako Bukittinggi, Marfendi bersama Martias Wanto (Sekda) dan OPD terkait lainya, mengikuti penyerahaan penghargaan secara virtual pada acara puncak Festival Iklim Tahun 2021 yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK), Selasa. (humas)

BUKITTINGGI (19/10/2021) - Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi raih penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) untuk kategori apresiasi pembinaan ProKlim.

Selain itu, Dasa Wisma Dahlia I Talao RW 05 Kelurahan Campago Guguk Bulek, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, juga mendapatkan Trophy ProKlim Utama.

Sedangkan Kelompok Tani Usaha Bersama RW 01 Kelurahan Kubu Tanjung, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, mendapatkan Sertifikat ProKlim Utama.


"Semoga, prestasi ini dapat menginspirasi kelurahan-kelurahan lainnya untuk berperan serta dalam program ini di masa datang," ungkap Wakil Wali Kota Bukittinggi, H Marfendi usai mengikuti acara puncak Festival Iklim Tahun 2021 secara virtual, Selasa.

Dikatakan Marfendi, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua SKPD terkait, kelompok penggerak Program Kampung Iklim dan seluruh masyarakat lainnya, yang sudah melakukan upaya pengendalian dan pencegahan terjadinya perubahan iklim di kota wisata itu.

"Perubahan iklim yang tengah terjadi sekarang, diakibatkan aktifitas manusia dalam waktu yang sangat panjang," ungkap Marfendi yang didampingi Sekda, Martias Wanto dan pimpinan OPD terkait lainnya.

Marfendi mengajak semua elemen masyarakat, untuk memulai penanaman pohon, pengelolaan sampah, menghindari pencemaran udara, membuat biopori (resapan air) serta hal lainnya yang berkaitan dengan lingkungan.

"Semua aktifitas kita sehari-hari sangat erat kaitannya dengan perubahan iklim. Mulailah berbenah, hadirkan kondisi bumi yang indah untuk anak cucu kita nanti," harap Marfendi.

Penghargaan ini diberikan pada sejumlah pihak yang dinilai telah aktif mendukung dan mengembangkan ProKlim, sebagai bentuk kontribusi nyata dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Penghargaan diberikan kepada empat kategori di antaranya utama, lestari, apresiasi pembinaan ProKlim, serta apresiasi pendukung ProKlim.

Penyerahan digelar secara hybrid. Untuk luar jaringan (Luring), digelar di Arboretum Gedung Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta. Diberikan secara langsung pada perwakilan masing-masing provinsi.

Selain dilakukan secara tatap muka dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat, penyerahan penghargaan ProKlim 2021 juga dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

ProKlim ini adalah penilaian tentang upaya pemerintah mendorong keterlibatan masyarakat serta pemangku kepentingan dalam rangka penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK). (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar