Ini Arahan Akbar Tanjung untuk Menjemput Kemenangan Partai Golkar di Sumatera Barat

Al Imran | Selasa, 19-10-2021 | 18:02 WIB | 89 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Ini Arahan Akbar Tanjung untuk Menjemput Kemenangan Partai Golkar di Sumatera Barat<p>

Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung foto bersama dengan perwakilan pengurus Partai Golkar se-Sumbar usai memberikan arahan pada kegiatan silaturahmi dan konsolidasi Partai Golkar se-Sumatera Barat di Padang, Selasa. (mangindo kayo)

PADANG (18/10/2021) - Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung menekankan, seluruh elemen pengurus mesti memanfaatkan potensi kader teritorial serta kader organisasi yang berafiliasi ke Partai Golkar, dalam menjemput kemenangan di Pemilu 2024 mendatang.

"Kader yang akan dicalonkan di Pemilu 2024 juga perlu disiapkan secara matang sejak dari sekarang. Dengan persiapan sejak dini, Insya Allah kita bisa menambah perolehan suara sekaligus perolehan kursi. Secara nasional, semoga kita bisa jadi pemenang nantinya," tegas Akbar Tanjung di Padang, Selasa.

Akbar Tanjung memberikan arahan dalam silaturahmi dan konsolidasi Partai Golkar se-Sumatera Barat didampingi anggota Dewan Kehormatan, Chairuman Harahap. Kegiatan ini diikuti pengurus provinsi beserta anggota fraksi Partai Golkar tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.


Hadir Ketua Partai Golkar Sumatera Barat, Khairunas, Desra Ediwan (sekretaris) beserta jajaran organisasi mendirikan dan didirikan, ikut dihadirkan dalam kegiatan tersebut.

Dikesempatan itu, Akbar melakukan kilas balik tentang perjalanan Partai Golkar sejak Orde Baru, Orde Reformasi hingga saat ini. Sepanjang masa Orde Baru, menurutnya, Golkar jadi pilihan mayoritas masyarakat dengan puncaknya di Pemilu 1997. Dimana berhasil meraih 73% kursi parlemen, saat Golkar dipimpin alm Harmoko.

Setelah era Reformasi, Partai Golkar mengalami pasang surut perolehan kursi. Kecenderungannya, perolehan kursi terus berkurang setiap kali penyelenggaraan pemilu. "Pengalaman ini kemudian saya tuangkan dalam sebuah buku kecil yang akan jadi salah satu acuan dalam meraih kemenangan di Pemilu 2024 nanti," ungkap Akbar.

"Saudara ketua umum Partai Golkar, juga memberikan sambutan pada buku kecil saya ini. Dalam kata sambutannya, Airlangga Hartarto menilai buku ini berisikan materi yang penting untuk dilakukan pengurus di seluruh tingkatan," tambah Akbar.

Siap Jemput Kemenangan

Ketua Partai Golkar Sumatera Barat, Khairunas dalam sambutannya mengatakan, konsolodisasi organisasi terus dilakukan sesuai target yang diberikan pengurus pusat. Untuk tingkat kabupaten/kota, konsolidasi sudah tuntas dilakukan di 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

Selain itu, konsolidasi di tingkat pengurus kecamatan, juga telah 90 persen dirampungkan. Untuk tingkat kelurahan/desa, konsolidasi telah 70% rampung. Sekarang ini, pengurus juga fokus untuk mencari kader yang akan ditugaskan sebagai saksi di tingkat TPS.

"Diperkirakan, ada sekitar 13 ribuan TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Sumatera Barat. Kita mencari dua kali lipat dari jumlah TPS. Sekitar 26 ribuan orang dibutuhkan untuk jadi saksi. Kita tengah bekerja keras untuk mewujudkan ini dalam rangka mewujudkan kemenangan di Pemilu 2024 nanti," ungkap Khairunas.

Selain itu, Khairunas juga melaporkan tentang pencapaian perolehan kursi Partai Golkar pada Pemilu 2019 lalu. Dimana, Partai Golkar hanya berhasil menang di dua daerah sehingga mendudukan kadernya sebagai ketua. Kemudian, meraih 8 kursi wakil ketua.

"Pada Pemilu 2014, Partai Golkar berhasil jadi ketua DPRD di 14 dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Untuk menjemput kembali kemenangan itu, motivasi dan edukasi dari Bang Akbar di kesempatan ini sangat diperlukan," ungkap Khairunas.

"Semoga dengan pengalaman Bang Akbar yang sangat panjang di Golkar, bisa jadi motivasi seluruh kader untuk merebut kemenangan. Jika saat ini ada 76 anggota fraksi Partai Golkar di tingkat kabupaten/kota, 8 kader di tingkat provinsi dan 2 kader di DPR RI, akan bertambah secara signifikan nantinya," tambah Khairunas.

Dikesempatan itu, Khairunas juga melaporkan hasil yang diraih Partai Golkar pada pemilihan serentak 2020 lalu. Dimana, Partai Golkar berhasil jadi pemenang di 6 dari 14 daerah yang melakukan pemilihan di Sumatera Barat. Sebanyak empat orang di antaranya, merupakan kader Partai Golkar.

Yakni Benny Utama yang terpilih jadi Bupati Pasaman, Khairunas (Bupati Solok Selatan) dan Safaruddin Datuak Bandaro Rajo (Bupati Limapuluh Kota). Ketiganya merupakan mantan anggota DPRD Sumatera Barat. Terakhir, Benny Dwipa yang merupakan Ketua Partai Golkar Sijunjung.

Sementara, Ketua Pelaksana, Zulkenedi Said melaporkan peserta kegiatan silaturahmi dan konsolidasi Partai Golkar se-Sumatera Barat. Selain itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumbar ini juga menyampaikan, proses rekruitmen fungsionaris sesuai tingkatan yang telah dimulai sejak Oktober 2021. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar