Padang Panjang Capai PPKM Level 1, Ini Penilaian Komisi IX DPR

Rabu, 20 Oktober 2021, 21:22 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Padang Panjang Capai PPKM Level 1, Ini Penilaian Komisi IX DPR
Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, Nuryanuwar. (kominfo)

PADANG PANJANG (20/10/2021) - Anggota Komisi IX DPR-RI, Suir Syam menilai, keberhasilan Padang Panjang menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 3 ke Level 1, merupakan capaian luar biasa.

Dengan menyandang status PPKM Level 1, terang Suir Syam, Padang Panjang sudah bisa keluar dari beberapa peraturan yang mengikat di PPKM Level 3. Walau sudah ada kelonggaran, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol Kesehatan (Prokes), terutama 3 M. memakai masker apabila keluar rumah, jaga jarak serta tetap cuci tangan pakai sabun. Kapan perlu jangan keluar rumah apabila tidak mendesak.

Suir Syam juga mengimbau seluruh warga Padang Panjang, melakukan vaksinasi. Apabila sudah mencapai angka 70 persen masyarakat divaksinasi, maka Padang Panjang akan bebas dari Covid19.

"Di Sumatera Barat, Padang Panjang yang tertinggi dalam pelaksanaan vaksinasi. Untuk vaksin pertama sudah mencapai 66 persen dan kedua sudah 40 persen. Apabila yang kedua bisa mencapai 70 persen, Kota Padang Panjang akan bebas beribadah, sekolah dan lainnya. Untuk mencapai hal ini, bagi masyarakat yang belum divaksin mari kita ikuti vaksinasi," ajaknya.

Baca juga: Pembangunan Fasilitas BPVP Padang Terbengkalai, Ini Kata Suir Syam

Suir Syam berharap, seluruh kepala daerah di Sumbar agar lebih memperhatikan masyarakat. Mana yang belum divaksinasi, segera lakukan vaksinasi.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, Nuryanuwar bersyukur, karena Padang Panjang pada 18 Oktober lalu ditetapkan pada Level 1. Ini suatu prestasi dan kerjasama yang luar biasa, diraih Pemko Padang Panjang.

"Upaya kita bersama elemen lain seperti TNI/Polri dan pihak lainnya berhasil. Untuk mencapai Level 1 ini tentu tidak mudah. Banyak indikator yang sudah dicapai. Di antaranya pasien Covid19 tidak lebih dari 5 orang, tidak ada lagi orang yang meninggal karena Covid19. Namun, poin yang tertinggi yang membuat kita jadi Level 1 yaitu capaian vaksinasinya," sebutnya.

Dikatakan Nuryanuwar, tidak tertutup kemungkinn Padang Panjang bisa kembali ke Level 2 atau Level 3. "Untuk mencegah ini, kami imbau masyarakat agar selalu menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak," terangnya.

Baca juga: Daftar Tunggu Operasi Jantung di RSUP M Djamil Padang Bisa Sampai 2 Bulan, Ini Kata Komisi IX DPR

"Yang terpenting, masyarakat yang belum divaksinasi, segeralah ikut divaksin agar kita mencapai bebas Covid-19 ini," ajak dia. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: