Ini Pesan Bupati Pasaman Barat Diperingatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Kamis, 21 Oktober 2021, 21:12 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Ini Pesan Bupati Pasaman Barat Diperingatan Maulid Nabi Muhammad SAW
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi memberikan sambutan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aur, Kecamatan Pasaman, Selasa. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (21/10/2021) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aur, Kecamatan Pasaman, Selasa.

Kegiatan dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN di lingkungan Pemkab Pasbar serta tokoh agama.

"Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan sesuatu peringatan yang luar biasa, karena diperingati setiap tahunnya. Hal ini menggambarkan akan rasa cinta umat muslim kepada Rasulullah," ungkap Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi saat memberikan sambutan.

"Ini luar biasa. Biasanya orang merayakan atau memperingati hari lahir saat masih hidup, namun Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati ketika Nabi sudah wafat," tambah Hamsuardi.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

Dia menjelaskan, peringatan Maulid Nabi pada hakikatnya adalah bagaimana umat muslim meneladani dan mengamalkan segala yang diajarkan, baik pikiran, ucapan dan tindakan Rasulullah.

"Kita patut meneladani buah pikiran yang cerdas dan jernih, ucapan santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bijaksana seperti Nabi."

"Ini adalah gambaran perilaku yang diwarnai oleh akhlakul Hassanah, Akhlakul Karimah dan Akhlak Adzimah yang mampu menyebarkan rahmatan lil alamin, rahmat bagi semesta alam," ujarnya.

Jadi, jika ingin mencari contoh kehidupan dan pribadi yang baik sebagai uswatun hasanah, kata dia, dapat mencontoh Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

"Beliau diibaratkan seperti air yang tidak habis diminum, dan cahaya yang tak pernah padam," imbuhnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: