BPK RI Luncurkan Buku 'Membangun Kembali Indonesia dari Covid19'

Al Imran | Kamis, 21-10-2021 | 21:20 WIB | 27 klik | Kota Padang Panjang
<p>BPK RI Luncurkan Buku 'Membangun Kembali Indonesia dari Covid19'<p>

Tangkapan layar peluncuran Buku Pendapat (Strategic Foreseight) BPK dengan judul "Membangun Kembali Indonesia dari Covid19: Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh," secara virtual, Kamis. (kominfo)

PADANG PANJANG (21/10/2021) - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI telah menyusun Buku Pendapat (Strategic Foreseight) BPK dengan judul "Membangun Kembali Indonesia dari Covid19: Skenario, Peluang dan Tantangan Pemerintah yang Tangguh." Buku itu diluncurkan melalui Zoom Meeting, Kamis, yang diikuti kepala daerah se-Indonesia.

Ketua BPK RI, Dr Agung Firman Sampurna menyebutkan, di buku ini terdapat beberapa skenario yang bisa terjadi dalam lima tahun ke depan (2021-2026) setelah pandemi Covid19 berakhir.

"Skenario yang disajikan dalam Foresight BPK bukanlah prediksi tentang masa depan. Tetapi sarana untuk melihat kembali berbagai asumsi tentang masa depan. Agar kita tidak terlena dengan harapan dan agar kita mampu melihat lebih jernih kesiapan menghadapi masa depan," ungkapnya.


Dalam seluruh skenario tersebut, terdapat lima tema yang menurut BPK perlu diantisipasi pemerintah. Seperti reformasi kesehatan, reformasi pajak dan kesinambungan fiskal, visi dan kepemimpinan pemerintah, transformasi digital dan tata kelola data, serta kualitas sumberdaya manusia.

"Tema-tema tersebut perlu mendapat perhatian pemerintah karena akan turut menentukan keberhasilan dalam menghadapi pandemi Covid19 maupun kemungkinan terjadi pandemi, bencana dan krisis global kemudian hari," kata Agung.

Sementara itu, wali kota Padang Panjang yang diwakili Inspektur, Syahril menyampaikan apresiasi atas inisiatif strategis tinjauan masa depan atau foresight yang dilakukan BPK untuk mengawasi pengelolaan keuangan negara, baik di pusat maupun daerah.

"Semoga dapat menginspirasi pemerintah daerah untuk memulai menerapkan strategic foresight ini di daerah masing-masing," ungkapnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar