Deputi III KSP Monev 4 Proyek Pusat di Pasaman Barat

Al Imran | Kamis, 21-10-2021 | 22:07 WIB | 98 klik | Kab. Pasaman Barat
<p>Deputi III KSP Monev 4 Proyek Pusat di Pasaman Barat<p>

Bupati Pasbar, Hamsuardi menemani Deputi III Kepala Staf Presiden Panutan S Selendrakusuma beserta rombongan, meninjau lokasi tanam padi Biofortifikasi di lokasi sawah Kelompok Tani Sialang, Kamis. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (21/10/2021) - Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto mengucapkan terimakasih atas kepercayaan pemerintah pusat melalui Kementan RI, menyelenggarakan salah satu program prioritas nasional yakni pengembangan padi Biofortifikasi.

Padi varietas ini ditanam di areal seluas 100 hektar di lokasi sawah Kelompok Tani Sialang. Varietas ini ditanam 5 kelompok beserta kegiatan Dam Area IP 400 seluas 50 hektar.

Koorporasi petani Kecamatan Kinali, menurut dia, masih membutuhkan pembinaan dan dukungan dari semua pihak. Koorporasi petani yang dikunjungi merupakan koorporasi petani yang tumbuh dan berkembang dari bantuan pembiayaan LKMA dengan program PUAP 2010, dibantu dengan program peternakan integrasi ternak dan sawit, pembibitan ternak, LDPM, dan toko tani Indonesia.


"Dengan pembinaan, dukungan dan permodalan dari semua pihak, anggota tetap koorporasi mencapai 600 orang dengan modal mencapai Rp35 miliar," ujar Risnawanto, Kamis.

Selain padi Biofortifikasi, di lokasi sawah Sialang juga perlu dilakukan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT), optimalisasi peningkatan indeks pertanaman, Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP) yang didukung Kementerian PU.

Selain itu, Risnawanto juga menyampaikan kebutuhan pupuk subsidi di Kabupaten Pasaman Barat dengan rincian Urea sebanyak 19.383 ton, SP-36 4043 ton, ZA 2.798 ton, NPK 32.181 ton, dan organik 16.954 ton.

Informasi ini disampaikan Risnawanto saat menerima kunjungan Deputi III Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Perekonomian, Panutan S Selendrakusuma beserta rombongan, Kamis di Nagari Persiapan Bunuik, Kecamatan Kinali.

Bersama Panutan, ikut hadir Bustanul Arifin, Aji Erlangga, Asmiati A. Malik, Siti Khairani Elhakim dan Bella Scholastica. Selain Bupati dan Wabup, rombongan juga disambut staf Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan.

Juga ikut hadir, Direktorat Pupuk dan Pestisida, Iman Kurniawan, Pupuk Indonesia, Gatot, Badan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Kementan, Inang, Kabid Tanaman Pangan Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Holtikultura Provinsi, Yustiadi.

Selanjutnya, Dinas Koperasi Provinsi, Riana, Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Sukarli, Kadis Koperindag dan UKM, Pahrein, Kadis Ketahanan Pangan, Yasri, Kadis Perkebunan Edrizal, Pupuk Petro Slamet, PIM Raya dan stakeholder lainnya.

Kunjungan Monev

Sementara itu, Panutan Sulendrakusuma menjelaskan, kunjungan KSP merupakan kunjungan yang sesuai dengan Tupoksi monitoring dan evaluasi program pemerintah.

"Kunjungan sesuai program pemerintah dengan 4 agenda yaitu monitoring padi biofortifikasi, koorporasi petani, subsidi pupuk dan pekarangan pangan lestari," sebut Panutan.

Panutan berharap, kunjungan ini bisa menjadi upaya pemulihan ekonomi, sebagai program yang dapat menyejahterakan petani serta menjalin silaturrahmi.

Setelah kegiatan tersebut, juga dilakukan diskusi dengan KSU Gapoktan Albasiko II di Padang Canduh, Kejorongan Bangun Rejo, Kecamatan Kinali.

KSU ini mencoba untuk mengola SDA yang ada terutama padi. Fungsi koperasi mulai dari pembiayaan pertanian, kebutuhan pupuk, obat-obatan dan pembagian hasil panen. Hasil panen nantinya disalurkan kepada yang membutuhkan.

Ketua Koperasi Albasiko II, Karno Fachrudin menjelaskan, pengurus KSU mencoba menggenjot usaha Saprodi, terutama kebutuhan pupuk. KSU Albasiko II memberlakukan subsidi silang, dimana satu unit yang membutuhkan maka harus mengajukan modal pada pengurus.

"Dengan banyaknya permintaan, pada tahun 2024 KSU Albasiko juga akan membuka pelayanan di Simpang Empat," terangnya.

Saat ini, kata dia, anggota KSU berjumlah 1.291 anggota yang dibagi menjadi 2, yakni 606 orang anggota tetap, dan 685 orang merupakan anggota luar biasa. Manfaatnya secara langsung bisa dirasakan oleh masyarakat, seperti memperkerjakan 42 orang anak-anak yang tamat sekolah.

Di lokasi kunjungan KSP terakhir yakni di Kios Tani UD Aisyah Basecamp, disambut langsung Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi.

Dia mengucapkan terimakasih atas kunjungan Deputi III Kepala Staf Presiden Panutan S Selendrakusuma beserta rombongan di Bumi Mekar Tuah Basamo. (pl1)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar