Pontren Kauman Muhammadiyah Gelar Upacara Peringati Hari Santri

Al Imran | Sabtu, 23-10-2021 | 16:47 WIB | 15 klik | Kota Padang Panjang
<p>Pontren Kauman Muhammadiyah Gelar Upacara Peringati Hari Santri<p>

Pontren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang, menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di komplek perguruan itu, Jumat. (kominfo)

PADANG PANJANG (22/10/2021) - Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, di Komplek Perguruan Kauman Kota Padang Panjang, Jumat.

Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Majelis Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Zain Aqil.

Dalam amanatnya, Zain mengajak agar santri tetap fokus memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan Indonesia. Santri harus berada di garda terdepan dalam menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat dalam menekan angka penyebaran Covid19.


"Santri adalah komponen tidak terpisahkan dari sejarah bangsa ini. Santri merupakan komponen bangsa yang telah memberikan kontribusi besar dalam usaha perjuangan kemerdekaan. Bahkan pascakemerdekaan, santri juga masih berjuang untuk mendidik umat dan memajukan negara," ujarnya.

Zainal juga mengatakan, HSN harus menjadi momentum bagi santri untuk terus meningkatkan kualitas diri serta ikut serta mengambil peran dalam pembangunan bangsa.

Sementara Mudir Pontren Kauman, Derliana menyebutkan, "Santri Siaga Jiwa Raga" yang menjadi tema peringatan HSN tahun ini, merupakan wujud bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

"Santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," ungkapnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar