Komunitas Tabungan Sekolah Jalin Kerjasama dengan Penyandang Disabilitas

Sabtu, 23 Oktober 2021, 18:12 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Komunitas Tabungan Sekolah Jalin Kerjasama dengan Penyandang Disabilitas
Ketua Komunitas Tabungan Sekolah (KTS), Hesti berdialog dengan pengurus PPDI Padang Panjang tentang pendidikan dan lainnya, Jumat. (kominfo)

PADANG PANJANG (22/10/2021) - Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPC PPDI) Padang Panjang menjalin kerjasama dengan Komunitas Tabungan Sekolah (KTS) guna meningkatkan kesetaraan di bidang pendidikan bagi penyandang disabilitas. Salah satunya program beasiswa.

"Dalam kegiatan kemitraan ini, kami melakukan pendataan penyandang disabilitas berprestasi yang masih bersekolah. Selain itu, kami juga mendampingi Tim KTS selama melaksanakan kegiatan pembinaan bagi penyandang disabilitas yang akan menerima program beasiswa," jelas Ketua DPC PPDI Padang Panjang, Ramadhan, Jumat.

Sebagai bagian elemen masyarakat, sebut Ramadhan, penyandang disabilitas kerap merasakan ketimpangan dalam berbagai aspek pembangunan. Tidak terkecuali kesempatan untuk mengakses pendidikan yang layak.

"Meskipun UU No 8 Tahun 2016 telah mengamanatkan hak-hak tersebut secara khusus bagi penyandang disabilitas, akan tetapi implementasinya masih belum optimal dan merata dirasakan penyandang disabilitas," ujar Ramadhan

Baca juga: IWAPI Pessel Gelar Pertemuan Diseminasi Hasil Riset KIAT

Sementara itu, Sekretaris DPC PPDI Padang Panjang, Muhammad Ilham mengungkapkan, pihaknya terus membangun akselerasi kebersamaan dengan semua pihak yang peduli dan tulus berbuat untuk meraih cita-cita kesetaraan dan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas di Kota Padang Panjang.

"Terimakasih sebesar-besarnya kami sampaikan pada KTS yang telah memberikan perhatian bagi penyandang disabilitas di bidang pendidikan. Alhamdulillah, hari ini, lima teman kami bisa menikmati bantuan beasiswa dari KTS. Mudah-mudahan, beasiswa ini bermanfaat bagi mereka dan kemitraan ini tetap berlanjut dalam mendukung kesetaraan hak penyandang disabilitas di bidang pendidikan," tutur Ilham.

Sementara itu, Ketua KTS, Hesti mengatakan, kegiatan kemitraan ini berangkat dari kegiatan talkshow yang diselenggarakan komunitasnya pada September lalu dengan menghadirkan Ilham.

Dalam kesempatan itu, lanjut Hesti, Ilham memaparkan pengalamannya memperjuangkan kesetaraan hak penyandang disabilitas di Kota Padang Panjang salah satunya di bidang pendidikan.

Baca juga: IWAPI PESSEL Gelar Pertemuan Upaya Realisasikan Program KIAT

"Kami terpanggil untuk mengelaborasi permasalahan-permasalahan yang sejatinya bisa kami lakukan untuk mendukung perjuangan tersebut," tutur Hesti.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: