Vaksinasi di Bukittinggi Capai Angka 60 Persen

Minggu, 24 Oktober 2021, 08:03 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Vaksinasi di Bukittinggi Capai Angka 60 Persen
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

BUKITTINGGI (23/10/2021) - Kota Bukittinggi terus memacu capaian vaksinasi Covid-19 hingga ke target 'Herd Immunity" atau kekebalan kelompok yakninya 70 persen populasi penduduk Bukittinggi telah divaksinasi.

"Saat ini warga Bukittinggi yang telah divaksinasi mencapai 60 persen," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Sabtu malam.

Erman optimistis, target 70 persen untuk mencapai "Herd Immunity" akan terwujud pada akhir tahun 2021 ini.

Saat ini, sebut Erman, seluruh elemen terus berupaya agar target 70 persen tercapai. Dia telah menginstruksiskan jajarannya untuk terus mengajak warga Bukittinggi yang belum, agar segera melakukan vaksinasi.

Baca juga: Erman Safar Bagikan Bansos Triwulan II 2024 Sebesar Rp2,4 Miliar, Diterima Tunai oleh 4.333 RTS

"Untuk tempat vaksin di Bukittinggi sangat gampang ditemukan. Sekolah, kelurahan gencar menggelar Gebyar Vaksinasi, RSUD Bukittinggi dan Puskesmas-Puskesmas juga menggelar vaksinasi setiap harinya."

"TNI/Polri secara rutin terus mengadakan Serbuan Vaksin di Lapangan Wirabraja dan di Mako Polres. Bahkan Polres Bukittinggi membuka gerai Serbuan Vaksin pada malam hari," ucapnya.

Dia menjelaskan, target capaian 70 persen warga yang telah divaksinasi sangat penting, karena jika 70 persen populasi penduduk telah kebal terhadap suatu virus, maka 7 dari setiap 10 orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut, tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh.

Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan.

Baca juga: 5 Hari Libur Lebaran, 24.013 Orang Kunjungi Stasiun Lambuang Bukittinggi

"Inilah yang disebut dengan Herd immunity atau kekebalan kelompok, dimana ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut," jelas Erman. (ham)

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: