Ini Upaya Pemko Padang Atasi Pemalakan di Objek Wisata

Selasa, 26 Oktober 2021, 18:38 WIB | Wisata | Kota Padang
Ini Upaya Pemko Padang Atasi Pemalakan di Objek Wisata
Plt Kepala Dinas Pariwisata Padang, Raju Minropa bersama Kapolresta Padang, Kombes Imran Amir dan pihak terkait lainnya, usai pembahasan pemberantasan pemalakan di objek wisata, Senin. (humas)

PADANG (25/10/2021) - Plt Kepala Dinas Pariwisata Padang, Raju Minropa mengatakan, akan melakukan penyempurnaan pengelolaan lahan parkir dengan melibatkan tokoh masyarakat serta pengawasan dari aparat setempat. Langkah ini merupakan salah satu upaya pencegahan aksi pemalakan di objek wisata.

"Kita akan siapkan petugas parkir resmi, pakai rompi dan kartu identitas. Sehingga, semua orang akan tahu bahwa itu adalah juru parkir. Ketika tidak ada kriteria tersebut, maka masyarakat tidak perlu bayar uang parkir," ungkap Raju, Senin.

Pernyataan Raju ini, merupakan tindaklanjut dari viralnya video aksi tukang parkir yang melakukan pemalakan di kawasan Pantai Padang pada seorang pengunjung. Pelakunya kini sudah tertangkap dan diamankan personel kepolisian.

Langkah lain yang dilakukan, mengaktifkan kembali posko komando untuk melakukan pengamanan ketertiban di kawasan pantai Padang. Sehingga, ketika ada pemalakan lagi, wisatawan dapat melapor ke posko tersebut.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

"Kita juga akan lakukan patroli rutin di sepanjang pantai Padang dengan melibatkan pihak kepolisian, TNI dan Satpol PP Kota Padang. Ketika kita temukan lagi pemalakan, langsung kita tangkap," tambahnya.

Raju menyayangkan aksi pemalakan yang terjadi di kawasan Pantai Padang tersebut terjadi di tengah kondisi pariwisata Kota Padang yang mulai membaik, yang ditandai turunnya status level Kota Padang dari PPKM level 4 ke level 2 dalam pengendalian pandemi Covid19.

"Mewakili Wali Kota Padang, Bapak Hendri Septa, saya mengimbau masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan, sehingga hal seperti ini tidak terulang lagi. Sebagai kota wisata dan tujuan masyarakat untuk berlibur, kita punya tanggung jawab memberikan rasa aman," harap Raju.

Sementara, Camat Padang Barat, Eri Sendjaya mengatakan, Pemerintah Kota Padang melalui pemerintah kecamatan akan melakukan peningkatan kualitas terhadap SDM maupun SDA dari juru parkir yang bertugas di sepanjang pantai Padang tersebut.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Untuk itu dalam waktu dekat ini, kita akan segera kumpulkan seluruh petugas parkir yang bertugas di kawasan pantai Padang. Kita akan ingatkan kembali tentang tugas pokok dan fungsi serta kewajiban mereka," ujar Eri.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: