Padang Perbincangkan Potensi Wakaf untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Rabu, 27 Oktober 2021, 11:02 WIB | Bisnis | Kota Padang
Padang Perbincangkan Potensi Wakaf untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Wali Kota Padang, Hendri Septa memberikan arahan pada kegiatan optimalisasi potensi wakaf dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, guna mewujudkan masyarakat Kota Padang Madani. Kegiatan ini digelar Bagian Perekonomian dan SDA Kota Padang, Selasa. (humas)

PADANG (26/10/2021) - Wali Kota Padang, Hendri Septa menyebutkan, masyarakat madani dapat diartikan masyarakat yang beradab dalam membangun serta memaknai kehidupan beragama. Artinya, segala aspek kehidupan didasari norma dan aturan yang ada di ajaran agama. Kota Madani adalah kota yang beradab yang memiliki masyarakat patuh dengan aturan.

"Masyarakat madani dengan kota madani merupakan istilah yang tidak boleh terlepas. Harus melekat keduanya. Hal itu sesuai dengan visi kota Padang, mewujudkan menciptakan masyarakat yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing," ungkap Hendri di Padang, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Hendri, saat membuka kegiatan optimalisasi potensi wakaf dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, guna mewujudkan masyarakat Kota Padang Madani. Kegiatan ini digelar Bagian Perekonomian dan SDA Kota Padang.

Berbicara tentang kota madani, terang Hendri, tidak terlepas pula dari ekonomi syariah sebagai sistem ekonomi yang berlandaskan prinsip Islam. "Sistem ekonomi syariah memberikan manfaat merata dan berkelanjutan bagi setiap elemen dalam perekonomian," imbuhnya.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA, Syahendri Barkah menyampaikan, prinsip ekonomi syariah adalah ukhuwah, tolong menolong dan rasa kepedulian sosial sesama umat.

"Maka, filantropi dana sosial keumatan seperti wakaf menjadi salah satu solusi dalam membangkitkan perekonomian masyarakat secara mandiri, sebab potensi wakaf dapat digerakkan untuk pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di kota Padang," jelasnya.

"Potensi wakaf dioptimalisasi melalui gerakan wakaf, yang dilaksanakan secara masif bekerja sama dengan Bank Nagari untuk memberikan hasil yang maksimal," jelasnya.

Kegiatan ini diikuti 100 orang peserta, yang terdiri dari unsur DPRD, BI, OJK, Akademisi, SKPD Pemerintah Kota Padang, unsur kecamatan, serta pengurus koperasi syariah. (vry)

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: