Padang Masuki Tahap Wawancara untuk Terima Anugerah Tangguh Adhiwirasana

Rabu, 27 Oktober 2021, 17:46 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Padang Masuki Tahap Wawancara untuk Terima Anugerah Tangguh Adhiwirasana
Wako Padang, Hendri Septa didampingi Barlius (kepala BPBD), Amrizal (Kabag Prokopim) dan lainnya, mengikuti Sosialisasi Teknis bersama 30 penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana dengan Tim Juri secara virtual, Rabu (27/10/2021). (humas)

PADANG (27/10/2021) - Kota Padang jadi nominator penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penghargaan ini diberikan pada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi yang menunjukkan kinerja unggul dalam penanggulangan bencana nonalam (Covid19) di daerahnya.

"Alhamdulillah, prestasi ini merupakan wujud kerjasama dan kerja keras kita semua, warga Padang dan Sumatera Barat pada umumnya, dalam penanganan penyebaran Covid19," ungkap Wali Kota Padang, Hendri Septa usai mengikuti Sosialisasi Teknis bersama 30 penerima Anugerah Tangguh Adhiwirasana dengan Tim Juri secara virtual, Rabu (27/10/2021).

Diketahui, Kota Padang tergabung dari 30 daerah yang terdiri atas 12 provinsi, 9 kabupaten dan 9 kota, berhasil lolos tahapan penjurian self-assessment untuk penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana. Pemko Padang akan menjalani tahap penjurian selanjutnya berupa sesi wawancara, Kamis (28/10/2021) besok.

Adapun Anugerah Tangguh Adhiwirasana rencananya akan dilaksanakan pada 10 November 2021 yang akan dianugerahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Hendri menyebut, Kota Padang jadi satu-satunya daerah di Sumbar yang jadi nominator untuk menerima penghargaan ini. Penghargaan tersebut merupakan bukti nyata kesabaran, kepatuhan dan keikutsertaan masyarakat dalam menekan penyebaran Covid19.

"Alhamdulillah, kita bersama selama ini selalu bahu-membahu dalam upaya penanganan, pengandalian Covid19 begitu juga dampaknya secara sosial ekonomi," imbuh Hendri didampingi Kalaksa BPBD Barlius, Amrizal Rengganis (Kabag Prokopim) dan lainnya.

Diikuti 77 Daerah

Ketua Dewan Juri Anugerah Tangguh Adhiwirasana, Dr Wahyu Tri Setyobudi menjelaskan, penghargaan ini diberikan BNPB pada pihak yang dinilai berhasil dalam melaksanakan upaya penanganan kebencanaan. Ada dua kategori dalam penghargaan ini, yaitu Wira Sandya Laksana dan Wira Dipta Laksana.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Tim dewan juri memilih dan menetapkan 30 daerah yang unggul dari hasil aspek-aspek kualitatif dengan metode penilaian kuesioner self-assessment, dengan kriteria penilaian (terkait dengan) inisiatif inovasi dalam penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan sosial," terang dia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: