Pasaman Barat Raih WTP ke-5 Secara Berurutan

Rabu, 27 Oktober 2021, 19:56 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Pasaman Barat Raih WTP ke-5 Secara Berurutan
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi menerima piagam dan plakat WTP dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi disaksikan Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Wilayah Sumbar, Heru Pudyo Nugroho, di auditorium gubernuran Sumbar, Senin lalu. (humas)

PASAMAN BARAT (25/10/2021) - Pemkab Pasaman Barat untuk kelima kalinya meraih penghargaan atas capaian standar tertinggi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), mulai dari tahun 2016 hingga 2020.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi Senin lalu dari Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi disaksikan Kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Wilayah Sumbar, Heru Pudyo Nugroho, di auditorium gubernuran Sumbar.

Dikesempatan tersebut, Pasaman Barat memperoleh plakat dan piagam atas pencapaian WTP selama 5 kali berturut-turut bersama 17 kabupaten/kota lainnya di Sumbar.

Mahyeldi menyampaikan apresiasinya pada bupati dan wali kota yang mendapatkan penghargaan WTP tersebut.

Baca juga: Bupati, Wabup dan Ketua PKK Ikuti Tradisi Manjalang Buya Lubuak Landua

"Pencapaian opini WTP hanya bisa dicapai jika taat dan patuh pada aturan yang ada. Untuk itu, pemerintah kabupaten dan kota di Sumbar, agar bisa lebih meningkatkan laporan keuangan daerah di masa yang akan datang," katanya.

Mahyeldi mengajak kepala daerah se-Sumbar, selalu berpedoman serta mematuhi peraturan perundang-undang mengenai keuangan. Selalu optimalisasi peran pemeriksa internal, menjalin komunikasi intensif dengan BPK dan pihak terkait.

"Diperlukan pula komitmen bersama antara kepala daerah dan seluruh perangkatnya, untuk serius mengikuti aturan yang ada dan diiringi pula dengan peningkatan SDM," kata Mahlyedi.

Sementara, Hamsuardi mengatakan, capaian WTP itu perlu diapresiasi dan disyukuri. Karena, ini menandakan bahwa Pemkab Pasaman Barat yang didukung DPRD, OPD dan stakeholder terkait lainnya yang teliti dan berhati-hati dalam menggunakan anggaran. Sehingga, Pasbar dapat mempertahankan Opini WTP hingga lima kali berturut-turut.

Baca juga: Motocross & Grasstrack RRT Air Haji Open 2024 Perebutkan Hadiah Total Rp60 Juta

"Ini kali kelimanya, Pasbar mendapatkan dan mempertahankan opini WTP. Kita berharap, ini dapat menjadi motivasi bagi Pemkab Pasbar untuk lebih baik lagi dalam penyajian laporan keuangan di masa yang akan datang," harap Hamsuardi. (pl1)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: