Hendri Septa Ikuti Sesi Wawancara Penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana

Al Imran | Kamis, 28-10-2021 | 22:40 WIB | 31 klik | Kota Padang
<p>Hendri Septa Ikuti Sesi Wawancara Penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana<p>

Wako Padang, Hendri Septa beberapa upaya yang telah dilakukan dalam penanganan penularan Covid19 pada sesi wawancara nominator peraih Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana, secara virtual Kamis dari Ruangan Padang Command Center (PCC). (humas)

PADANG (28/10/2021) - Wali Kota Padang, Hendri Septa menjalani sesi wawancara sebagai satu daerah dari 30 nominator peraih Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana, Kamis. Sesi ini merupakan tahap akhir penjurian.

Dalam sesi wawancara tersebut, Hendri Septa pada dewan juri memaparkan kiat-kiat yang telah dilakukan dan didukung stakeholder terkait lainnya, dalam upaya pengendalian Covid19. Dia juga membeberkan efektivitas strategi pengendalian multisektor terhadap pandemi Covid19, inovasi penanganan kesehatan, inovasi pemulihan ekonomi dan inovasi peningkatan kesejahteraan sosial yang dilakukan.

"Pengendalian Covid19 di Padang, kita sudah melakukan sejumlah upaya. Di antaranya, membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid19 di tingkat kota hingga kecamatan dan kelurahan. Juga mendirikan Kongsi Covid19 berbasis RT dan RW," bebernya dalam sesi wawancara secara virtual dari Ruangan Padang Command Center (PCC).


Upaya lain yang telah dilakukan, menjadikan RSUD dr Rasidin sebagai rumah sakit khusus penanganan pasien kasus Covid19, lalu mengoptimalkan tempat isolasi mandiri terpadu (Isoter). Kemudian melakukan berbagai strategi dalam menangani dampak pandemi terhadap kesejahteraan sosial (Kesos), ekonomi dan lainnya.

Begitu pula menggelar pekan akselarasi vaksinasi Covid19. "Kita bersyukur semuanya berjalan dengan baik sejauh ini," sebutnya.

Hendri mengatakan, meski berhasil masuk dalam 30 daerah peraih Anugerah Tangguh Adhiwirasana kategori Wira Sandya Laksana, Padang memasang tekad, membawa Kota Padang masuk 3 besar.

"Alhamdulillah, kita telah mampu meraih prestasi tingkat nasional yakni Anugerah Tangguh Adhiwirasana ini dengan masuk ke dalam 30 daerah nominator peraih penghargaan tersebut."

"Prestasi ini, tentunya merupakan wujud kerjasama dan kerja keras kita semua warga Kota Padang dan Sumatera Barat pada umumnya dalam penanganan penyebaran Covid19," ungkap dia.

Menurut Hendri, penghargaan ini tentunya dipersembahkan untuk Kota Padang yang diketahui sebagai satu-satunya kota di Sumbar yang menerimanya.

"Penghargaan tersebut merupakan bukti nyata kesabaran, kepatuhan dan keikutsertaan seluruh elemen masyarakat di Kota Padang dalam menekan penyebaran Covid19," sebutnya.

"Kita berharap kekompakan dan sinergi ini selalu terjaga, baik dengan unsur Forkopimda, para ninik mamak, alim ulama serta semua elemen dan unsur di kota yang kita cintai ini. Alhamdulillah, kita bersama selama ini selalu bahu-membahu baik dalam upaya penanganan dan pengendalian Covid19 begitu juga dampaknya secara sosial ekonomi," imbuh dia.

Di samping itu, ia juga mengimbau agar seluruh warga Kota Padang senantiasa mematuhi protokol kesehatan sebelum pandemi dinyatakan berakhir.

Anugerah Tangguh Adhiwirasana adalah pemberian penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota dan provinsi yang menunjukkan kinerja unggul dalam penanggulangan bencana non-alam (Covid19) di daerahnya.

Kota Padang tergabung dari 30 daerah yang terdiri atas 12 provinsi, 9 kabupaten dan 9 kota yang berhasil lolos tahapan penjurian self-assessment untuk meraih penghargaan yang digelar Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

Nantinya akan ada 16 penerima anugerah terdiri dari 6 penerima dari kabupaten/kota dari 6 klaster penjurian, 4 provinsi serta 3 kabupaten/kota juga 3 provinsi yang unggul dalam masing-masing kategori penanganan kesehatan, pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan sosial.

Anugerah Tangguh Adhiwirasana tahun ini bertemakan "Kolaborasi Indonesia Tangguh Bencana". Bagi daerah pemenang akan dianugerahkan oleh Presiden Republik Indonesia pada 10 November 2021 di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Juga hadir di kesempatan itu Dandim 0312/Padang, Kolonel (Inf) M Ghoffar Ngismangil serta unsur Forkopimda lainnya. Selain itu, hadir Kalaksa BPBD, Barlius bersama Robert Chandra Eka Putra (Sekretaris BPBD), Kepala DKK, Ferimulyani dan Kepala Diskominfo, Rudy Rinaldi serta lainnya. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar